Asnawi Mangkualam Bahar Tak Dimainkan, Shin Tae-Yong Ucapkan Terima Kasih

Kendati kondisi Mangkualam Bahar makin membaik, pelatih berjanji tidak akan menurunkan pemain asal Indonesia itu dalam pertandingan pekan ke-12 2 Korea Selatan melawan tuan rumah Jeonnam Dragons pada 17 Mei.

Asnawi mendapatkan cedera hamstring ketika menghadapi Seoul E-Land pada 2 Mei lalu, sehingga ditarik keluar di menit ke-57. Asnawi membutuhkan waktu sedikitnya dua pekan untuk memulihkan cedera tersebut.

Gil-sik tidak memainkan Asnawi saat Ansan mengalahkan pemuncak klasemen sementara FC Anyang dengan skor 3-2 di Stadion Ansan Wa, Senin (10/5). Posisi Asnawi diberikan kepada Kim Ryun-do, sedangkan ujung tombak ditempati Santiago De Sagastizabal yang menjalani debutnya sejak direkrut Ansan pada awal musim. Ia juga turut menyumbang satu gol di pertandingan ini.

Sebelum pertandingan, Gil-sik sudah menyebutkan tidak ingin memaksakan Asnawi untuk tampil, walau mantan penggawa itu menyatakan kondisinya sudah membaik, karena cedera hamstring yang didapatnya tidak parah.

“Asnawi bilang dia masih bisa bermain. Tapi dia tidak memaksakan diri, karena mengalami cedera hamstring. Saya tidak memainkan dia sekarang,” ujar Gil-sik sebelum bertanding melawan Anyang dikutip laman Starnews.

Bukan itu saja, Gil-sik juga memastikan tidak bakal menurunkan Asnawi saat dijamu Jeonnam pada awal pekan depan. Apalagi ia sudah berbicara dengan pelatih timnas Indonesia mengenai kondisi terkini Asnawi.

Gil-sik sebelumnya memang berencana ingin melepas Asnawi ke pemusatan latihan (TC) yang sedang mempersiapkan diri menghadapi lanjutan kualifikasi setelah pertandingan melawan Jeonnam.

“Saya bicara dengan pelatih Shin Tae-yong pekan lalu, dan juga hari ini. Jika ada pemain yang cedera, benak Anda akan memikirkan situasi yang tidak bagus untuk tim, saya sendiri, dan timas Indonesia,” ucap Gil-sik diwartakan laman Sports-G.

“Saya menyadari ada keinginan itu [memainkan Asnawi], tapi saya harus mempertimbangkan kondisi pemain. Saya berencana tidak akan memainkan dia melawan Jeonnam. Saya juga sempat mempertimbangkan untuk tidak mengirim dia ke timnas Indonesia.”

Hanya saja, Gil-sik mengubah keputusannya. Menurut pelatih berusia 42 tahun itu, mengirim Asnawi untuk bermain di timnas senior dapat mendatangkan keuntungan tersendiri bagi Ansan.

“Tapi Asnawi dipanggil oleh negaranya. Dia tidak mempunyai pengalaman bermain di level timnas senior. Namun jika dia mendapatkan kesempatan bermain, itu akan sangat membantu tim,” ucap Gil-sik.

“Dalam pembicaraan dengan pelatoh Shin Tae-yong, saya menyampaikan pemikiran itu, dan dia mengucapkan terima kasih.”

Berita Terkait