PSSI Minta Publik Tak Cibir Arthur Irawan

Direktur teknik PSSI Indra Sjafri memita publik sepakbola nasional tidak memberikan penilaian negatif terhadap pemanggilan Arthur Irawan untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia di Jakarta sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Arthur merupakan satu dari enam pemain baru yang dipanggil mengikuti TC setelah sebelumnya striker Bali United Ilija Spasojevic, M Adi Satryo (PSS Sleman), Didik Wahyu W (Tira Persikabo), serta duo Persebaya Surabaya Rizky Ridho dan Ady Setiawan.

Namun keputusan jajaran pelatih timnas senior itu mengundang reaksi dari publik sepakbola nasional. Mereka mempertanyakan kebijakan memanggil Arthur, karena menilai ada beberapa pemain di posisi serupa memiliki kualitas lebih baik.

“Kami meminta publik jangan mendeskripsikan kualitas satu atau dua pemain. Hal ini karena semua pemain punya kesempatan yang sama untuk dilihat kemampuannya. Lagi pula ini masih proses seleksi. Keputusan ada pada Shin Tae-yong,” kata Indra dikutip laman PSSI.

“Kami membutuhkan pemain di posisi full back (bek sayap). Kami diberikan sejumlah nama pemain, akhirnya dipilihlah Arthur Irawan. Apalagi yang bersangkutan dalam kondisi fit dan bugar.”

Indra mengungkapkan alasan pemanggilan pemain baru. Menurutnya, ada beberapa pemain yang menjalani TC bersama timnas Indonesia kurang fit, sehingga tidak bisa maksimal saat menggelar gim internal.

Selain itu, Firza Andika mengundurkan diri dari TC karena masih fokus menjalani pendidikan di Akademi TNI Angkatan Udara. Sejumlah alasan itu menjadi penyebab diperlukannya pemain tambahan.

“Arthur Irawan memang ingin dilihat langsung, dan ia merupakan pilihan dari tim pelatih. Kami juga membutuhkan pemain saat internal game kemarin dan tanggal 11 Mei mendatang. Maka dari itu, tim pelatih meminta PSSI melakukan pemanggilan kepada Arthur Irawan untuk melengkapi pemain yang sudah ada.”

Saat ini tim pelatih sedang melakukan seleksi terhadap 37 pemain sebelum memutuskan membawa 23 nama ke Dubai yang didaftarkan untuk menjalani tga laga sisa Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022.

Nantinya ada lima pemain yang akan bergabung saat timnas senior menjalani TC di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), yakni Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana, Witan Sulaeman, Ryuji Utomo.