Asnawi Mangkualam Optimis Timnas Indonesia ‘Menggila’ di 3 Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022

merupakan salah satu pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk sisa laga kualifikasi 2022. Dia optimis skuat Garuda bisa meraih hasil terbaik di tiga laga melawan Thailand, dan (UEA).

Asnawi mengatakan, nama-nama yang dipanggil di era hampir semuanya merupakan pemain muda dengan motivasi tinggi. Kualitas nama-nama yang ikut TC juga sudah terbukti di kompetisi dan timnas kelompok umur.

“Ya kita tahu tiga lawan di sisa kualifikasi nanti memang bagus. Thailand juga panggil pemainnya yang berkarier di liga luar, sekarang kita banyak pemain muda jadi mungkin semangat lebih tinggi dan siap tempur,” ujar Asnawi saat berbincang dengan awak media.

Dari 37 nama pemain yang dipanggil (data terbaru) ke pemusatan latihan, rataan umur di skuat Garuda adalah 22 tahun. Pemain tertua yang dipanggil adalah (33 tahun, satu-satunya pemain di atas 30 tahun) dan yang termuda adalah Elkan Baggot, Kings Lynn Town (18 tahun).

Asnawi juga punya misi penting untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Juni mendatang. Meski Indonesia sudah dipastikan gagal ke Piala Dunia, dia ingin membantu tim meraih kemenangan untuk memperbaiki ranking .

“Tentu harapan saya dan tim, bagaimana kita bisa menaikkan ranking FIFA. Ranking kita kan lagi di bawah,” ujarnya.

“Saya sebagai pemain di luar negeri juga butuh itu (ranking yang baik). Supaya Indonesia mendapat penilaian bagus di luar. Kalau tidak bagus, akan dilihat juga bagaimana saya di musim berikutnya,” imbuh Asnawi.

Saat ini, belum bergabung bersama Timnas Indonesia dan berada di Korea Selatan bersama klubnya, Ansan Greeners. Dia juga dilaporkan mengalami cedera dan harus istirahat beberapa waktu, sambil menunggu keputusan kapan bergabung ke skuat asuhan Shin Tae-yong.

Berita Terkait