Kembali Pimpin Latihan, Shin Tae-yong Fokuskan Pemain Pelajari Taktik

Kembali memimpin latihan skuad Garuda, Pelatih , Shin Tae-yong hanya memfokuskan pemain menjaga kebugaran dan mempelajari taktik.

Setelah menjalani karantina selama lima hari seusai tiba dari Korea Selatan pada 2 Mei lalu, Shin Tae-yong akhirnya kembali memimpin latihan timnas Indonesia.

Terlihat ada yang berbeda saat Shin Tae-yong memimpin pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (7/5/2021) malam WIB itu.

Tak ada latihan dengan intensitas tinggi yang menjadi ciri khasnya selama ini.

Tetapi, Osvaldo Haay dan kawan-kawan langsung menjalani internal game.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan di 2018 itu mengatakan bahwa internal game diberikan karena para pemain telah menjalani TC selama satu pekan.

Shin ingin melihat perkembangan anak asuhnya langsung dan ia menilai Evan Dimas dkk sudah berkembang lebih baik.

“Malam ini (Jumat, 7 Mei 2021) saya memberikan materi internal game setelah sepekan menjalani pemusatan latihan,” ujar Shin Tae-yong sebagaimana dikutip dari YouTube resmi , Sabtu (8/5/2021).

“Pemain terus bekerja keras demi berkembang lebih baik,” ucapnya.

Alasannya Shin Tae-yong memfokuskan pemain menjalani internal game atau pemahaman taktik karena sebagian besar pemain tengah menjalani puasa.

Oleh karena itu, Shin hanya memberikan porsi latihan sekedar menjaga kebugaran dan memperlajari taktik.

Menurutnya pemain membutuhkan nutrisi yang cukup apabila harus menjalani latihan berat.

Namun karena bulan Ramadan maka latihan dengan intensitas tinggi dihilangkan dalam satu pekan ke depan.

Walaupun begitu, pelatih berusia 52 tahun itu tetap menggembleng para pemain agar fokus dan terus bekerja keras demi mempersiapkan diri dengan maksimal.

“Saat ini kami belum memberikan latihan dengan intensitas tinggi karena sebagain besar pemain menjalani ibadah puasa,” kata pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Namun, pemain saya harus terus fokus dan kerja keras hingga pertandingan Kualifikasi nanti,” tuturnya.

Sementara itu, Shin pun berharap anak asuhnya tetap akan tampil maksimal selama di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia tersebut.

Meski telah dipastikan tersingkir dan telah menelan lima kekalahan, Shin berharap para pemain mampu memberikan harapan untuk masa depan sepak .

Ditambah lagi, PSSI menargetkan kemenangan dalam tiga laga sisa melawan Thailand, Vietnam, dan () pada awal Juni mendatang.

Berita Terkait