Rencana PT LIB Untuk Format Liga 2 2021

PT Baru () selaku operator kompetisi profesional Indonesia menjabarkan rencana mereka terkait kompetisi , yang merupakan kompetisi strata kedua Liga Indonesia.

Jika dalam kondisi normal, Liga 2 menggunakan forma dua wilayah, yakni Barat dan Timur, untuk babak awal. Namun, karena dunia saat ini masih dilanda pandemi virus corona, Liga 2 akan dijadikan empat grup.

Sebenarnya format seperti ini merupakan rencana LIB pada lanjutan yang akhirnya gagal digelar tahun lalu. Namun, Akhmad Hadian Lukita selaku direktur utama LIB menjelaskan perbedaan dengan format 2020.

hampir sama dengan tahun 2020. Rencananya kami akan membagi empat grup kembali. Akan tetapi, yang membedakan adalah Liga 2 dari babak fase grup sampai perempat-final akan menggunakan sistem double round robin,” urainya.

Double round robin artinya, setiap klub akan bertemua dua kali pada fase grup hingga nanti memainkan babak delapan besar. LIB punya target bahwa Liga 2 bisa rampung dalam durasi enam bulan, atau sekitar Desember.

Melihat dari jumlah peserta Liga 2, maka ada 24 tim yang nantinya bakal dipecah ke dalam empat grup. Setiap grup akan dihuni enam tim, dan dua teratas dari akhir fase grup berhak melaju ke babak delapan besar.

“Untuk babak selanjutnya seperti semifinal dan final, pertandingan akan kembali digelar single match [satu kali pertemuan]. Sementara itu rencananya kami akan menggelar Liga 2 ini selama enam bulan,” beber Lukita.

LIB mengakui bahwa Liga 2 agak sulit diolah di masa pandemi virus corona. Ada berbagai sebab yang membuat itu terjadi, seperti banyaknya peserta yang tersebar di berbagai daerah, hingga kondisi stadion yang tidak seluruhnya bagus.

“Tantangannya bagaimana menyelenggarakan pertandingan yang lebih berkualitas. Kebanyakan infrastruktur stadion Liga 2 belum bisa disesuaikan dengan protokol kesehatan,” tutup Luluk, sapaan akrab dari Lukita.

Mengacu pada pernyataan ketua umum , , Liga 2 akan diselenggarakan dua pekan setelah dimulai, 3 Juli. Jika tidak ada perubahan, ada tiga tim yang berhak promosi ke Liga 1 2022.

Berita Terkait