Pratama Arhan Tatap Debut Di Timnas Indonesia

Pemain muda PSIS Semarang Pratama Arhan memasang target menembus tim senior dengan memperlihatkan performa bagus selama menjalani pemusatan latihan (TC) skuad Garuda sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022 pada awal bulan depan di Uni Emirat Arab (UEA).

Arhan tampil mengesankan ketika memperkuat timnas U-19, dan sempat mengikuti latihan bersama tim senior pada tahun lalu. Hanya saja, kesempatan Arhan bermain untuk timnas senior belum terbuka, karena tidak ada agenda internasional sepanjang 2020 akibat pandemi virus Corona.

Kesempatan bagi Arhan terbuka pada tahun ini setelah namanya masuk ke dalam daftar 34 pemain yang dipanggil mengikuti TC timnas senior. Arhan juga menjadi satu-satunya pemain PSIS yang dipanggil untuk menjalani TC.

“Alhamdulillah saya bersyukur bisa dipanggil ke TC timnas senior. Tentunya ada target untuk bisa masuk line-up. Saya harus kerja keras lagi di TC ini. Harapannya semoga TC ini berjalan lancar, dan di pertandingan nanti bisa raih kemenangan,” tutur Arhan melalui kanal YouTube resmi PSSI.

Arhan menambahkan, ia sangat antusias mengikuti TC kali yang digelar di Stadion Madya Senayan. Pemain berusia 19 tahun itu mengaku tidak mengalami kendala melahap program latihan yang diberikan jajaran pelatih.

“Perbedaan latihan mungkin hanya [digelar] malam saja. Kalau soal adaptasi latihan, menurut saya seperti biasa. Latihan perdana materinya cuma recovery saja, dan jaga kondisi. Secara pribadi, saya dalam kondisi cukup baik,” kata Arhan.

TC timnas senior ini masih belum didampingi pelatih Shin Tae-yong setidaknya selama satu pekan. Tae-yong yang baru bertolak dari Korea Selatan ke Indonesia kemarin, dan selanjutnya menjalani karantina sesuai peraturan dari pemerintah.

Asisten pelatih Nova Arianto mengungkapkan, situasi itu tidak mengganggu program latihan timnas senior. Pasalnya, Tae-yong sudah memberikan program awal terlebih dulu kepada para asistennya.

“Program dari coach Shin Tae-yong, yakni empat hari pertama peningkatan fisik, setelah itu taktikal dan strategi. Harapannya saat masuk materi latihan taktikal dan strategi, pemain sudah siap mengikuti. Kondisi pemain cukup baik dan prima,” jelas Nova.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.