Liga 1 Kick-off Juli, Pelatih Persik Sebut Persiapan Tim Lebih Ideal

Joko Susilo menyebut persiapan timnya bisa lebih ideal bila mengacu kepada rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang akan menggelar kick-off Liga 1 2021 pada awal Juli mendatang.

Bagi pelatih Persik Kediri itu, rencana kick-off pada awal Juli tentu sangat membantu persiapan timnya lantaran memiliki waktu yang cukup panjang, yakni dua bulan pada Mei hingga Juni.

Namun, ketersediaan waktu persiapan sedikit tereduksi akibat adanya libur Hari Raya Idul Fitri. Persik Kediri sudah membebaskan seluruh pemain dari aktivitas lapangan hijau sejak Sabtu (1/5/21) kemarin.

“Setelah Lebaran, mungkin tim kami bisa memulai persiapan lagi pada akhir Mei. Saya pikir, waktu sudah cukup ideal selama 4-6 pekan ke depan,” ujar Joko Susilo.

Pasalnya, estimasi waktu yang tersedia sudah sesuai dengan program susunan Joko Susilo. Ditambah dengan adanya Piala Menpora, dia pun optimistis persiapan tim akan lebih matang.

“Karena sebelumnya kita tidak off betul. Beda lagi saat (rencana lanjutan Liga 1 2020) kemarin, yang benar-benar off (sebelum kick-off),” sambung dia.

Sehingga, dia mengaku antusias dan berharap sesuai ekspektasi. Jika meleset lagi, Joko Susilo khawatir dengan kondisi anak asuhnya yang bisa kembali terpengaruh secara mental.

Kasus itu seperti yang pernah terjadi saat Liga 1 gagal berlanjut pada November 2020. Bagaimana persiapan tim yang sudah nyaris rampung harus berujung sia-sia lantaran tidak terbitnya izin pertandingan kompetisi.

“Bisa dikatakan, (persiapan) tim-tim liga 1 saat ini sudah 90 sekian persen lah. Tetapi harus diingat, satu persen saja bisa menentukan,” pungkas striker legendaris Arema Malang era 1990-an tersebut.