Sempat Bikin Blunder di Laga Debutnya, Ternyata Ini Rahasia Kebangkitan Bek Persija Yann Motta

Bek , Yann Motta menjadi salah satu debutan terbaik di 2021. Padahal pemain asal Brasil tersebut sempat melakukan kesalahan fatal dalam laga debutnya bersama Macan Kemayoran, julukan Persija.

Kesalahan fatal yang dimaksud adalah blundernya ketika bertemu pada laga perdana Grup B. Saat itu Yann gagal mengantisipasi backpass rekannya yang kemudian berhasil dimanfaatkan oleh Yakob Sayuri.

Blunder yang dilakukan Yann dalam laga tersebut sempat membuat para pendukung Persija geram. Mereka mempertanyakan kemampuan Yann sebagai center back.

Namun, Yann berhasil membayar kesalahannya di laga melawan dengan sangat baik pada pertandingan kedua melawan . Tak hanya solid dalam menggalang pertahanan bersama sehingga Persija mampu cleansheet, Yann Motta juga berhasil menyumbang satu dari empat gol kemenangan timnya malam itu.

Setelah laga melawan Borneo FC, kepercayaan diri Yann Motta kembali muncul. Dalam laga-laga berikutnya ia selalu dipercaya oleh , termasuk pada final leg kedua melawan .

Rupanya keberhasilan Yann Motta menemukan permainan terbaiknya usai melakukan blunder tak lepas dari peran Sudirman selaku pelatih kepala Persija. Sudirman menuturkan usai pertandingan melawan PSM dirinya memutuskan untuk mengajak bicara Yann Motta secara pribadi.

“Di pertandingan pertama lawan PSM kita kalah 2-0, salah satu golnya mereka adalah kesahalan Yann Motta. Tapi saya yakin Yann Motta ini adalah pemain yang punya potensi untuk bisa berkembang baik di sepak . Dia masih umur 22 tahun. Pada saat selesai pertandingan, saya tahu dia sangat sedih, sedikit nangis,” kata Sudirman.

“Kemudian selesai makan malam saya panggil dia, dibantu Dutra, saya bilang ke dia bahwa saya juga pemain belakang, saya juga pernah buat kesalahan. Tapi yang terpenting adalah perbaiki kesalahan kamu, tetap percaya diri, tetap tunjukkan kemampuan kamu sesungguhnya karena kamu ini pemain bagus.”

“Lupakan pertandingan ini, lupakan kesalahan ini. Pada saat kamu diberikan kesempatan main lagi tunjukkan siapa kamu sebenarnya. Itu yang saya katakan ke dia dan alhamdulillah di pertandingan-pertandingan berikutnya dia bermain sangat optimal, sangat luar biasa, jadi salah satu benteng pertahanan terbaik dari Persija Jakarta,” tutur Sudirman.

Yann Motta resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Persija pada 15 Maret 2021. Ia didatangkan dari klub Liga Singapura Tanjong Pagar dengan durasi kontrak satu musim dengan opsi perpanjangan.

Berita Terkait