Pengelola K League Berusaha Agar Konten Video Asnawi Mangkualam Bahar Tak Membosankan

Federasi sepakbola profesional Korea Selatan (KPFF) yang mengelola tidak ingin publik sepakbola merasa jenuh menyaksikan konten video terkait pemain muda Mangkualam Bahar.

Asnawi menjadi sorotan publik sepakbola nasional setelah dinyatakan bergabung dengan klub K League 2, , pada awal tahun ini. Hal itu disebabkan Asnawi menjadi pemain Indonesia pertama yang merumput di Negeri Ginseng.

Kehadiran Asnawi itu membuat jumlah pengikut di akun Instagram resmi Ansan mengalami lonjakan drastis, dan hingga kini mencapai angka 49.400. Bahkan pengumuman resmi perekrutan Asnawi disukai seitar 27 ribu orang.

Cuplikan video penampilan Asnawi di K League 2 yang dikeluarkan KPFF juga diserbu penggemar asal Indonesia. Sedikitnya 800 ribu pasang mata menyaksikan cuplikan pertandingan melawan Jeonnam Dragon. Sementara ketika menghadapi Bucheon, ada 820 ribu orang yang melihatnya.

Jumlah itu makin meledak ketika Asnawi memberikan assist penting bagi Ansan ketika mengalahkan pemuncak klasemen Daejon Hana Citizen dengan skor tipis 1-0. Hingga kemarin, cuplikan penampilan Asnawi disaksikan 1,1 juta orang. Dari jumlah itu, sedikitnya ada 3.430 orang yang memberikan komentar.

Itu menjadi rekor tertinggi pengunjung kanal YouTube KPFF. Pasalnya, cuplikan pertandingan K League 1 dan 2 di kanal YouTube KPFF sebelumnya hanya berkisar di angka rata-rata 70 hingga 80 ribu penonton.

Perencana dan produser konten video KPFF, Kim Dong-hoon, mengatakan, animo publik sepakbola Indonesia ini tidak jauh berbeda dengan masyarakat Korsel ketika Son Heung-min merumput bersama Tottenham Hotspur di Liga Primer Inggris (EPL).

“Saya sebetulnya sudah berusaha menahan diri agar tidak terlalu sering menonjolkan sosok Asnawi supaya penonton tidak merasa jenuh. Tapi aktivitas di pertandingan terakhir [melawan Daejon] sangat tinggi. Saya akhirnya membuat konten itu, karena saya menyukainya,” tutur Dong-hoon dikutip laman News1.

“Seperti halnya publik sepakbola Korea yang merasa bangga melihat Son Heung-min bermain di Liga Inggris, fans Indonesia juga sangat bangga melihat video Asnawi. Mereka memberika komentar untuk menunjukkan rasa bangga itu.”

“Tidak hanya fans Indonesia, publik sepakbola Korea juga memperlihatkan rasa penasaran terhadap Asnawi. Penggemar K League memberikan apresiasi tinggi kepada pemain yang berusaha bertahan menghadapi tantangan di kompetisi Korea.”

Hanya saja, Dong-hoon mengakui ada rasa khawatir publik sepakbola Indonesia akan merasa jenuh bila konten video hanya memperlihatkan aktivitas mantan penggawa Makassar tersebut di lapangan hijau saja.

“Kami nantinya tidak hanya menyunting dan mengunggah penampilan Asnawi, tapi juga memproduksi berbagai konten [tentang] kegiatannya di luar lapangan,” ungkap Dong-hoon.

Berita Terkait