Satu Orang Jadi Tersangka Terkait Kerumunan The Jakmania

Polisi menetapkan satu tersangka berinisial BR terkait kerumunan The Jakmania yang merayakan keberhasilan Persija Jakarta menjuarai Piala Menpora 2021.

The Jakmania turun ke jalan dan membuat sesak Bundaran HI, Jakarta, tak lama setelah Persija menang 2-1 atas Persib Bandung di final leg kedua Piala Menpora, Minggu (25/4/2021). Kemenangan itu sekaligus membuat Persija unggul agregat 4-1 atas Persib sekaligus menjadi juara turnamen pramusim.

Dari penelusuran polisi, massa The Jakmania datang karena ada ajakan yang disebar di berbagai media sosial seperti Facebook hingga Instagram. Di sisi lain, Jakmania sebagai organisasi tak bertanggung jawab karena tak pernah menginstruksikan anggotanya untuk merayakan kemenangan Persija.

Untuk itu, berbagai orang yang diduga sebagai provokator pun dipanggil ke Polda Metro Jaya. Terkini, satu orang akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

“Kami menetapkan simpatisan The Jakmania berinisial BR sebagai tersangka. Indikasi awal adalah pertama dia tidak hadir di sana, yang kedua dia cuma iseng iseng saja menyampaikan bahwa ‘eh ayolah teman-teman’,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Jumat (30/4).

Tersangka Br saat ini masih menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dan statusnya dinaikkan menjadi penyelidikan. Hasil pemeriksaan akan disampaikan pada kesempatan selanjutnya.

Dijelaskan Yusri, tersangka BR bukan anggota resmi The Jakmania. Namanya tak terdaftar sebagai anggota kelompok suporter yang berdiri tahun 1997 itu. Jadi ia dianggap hanya sebagai simpatisan.

“Bukan anggota pendukung Persija, simpatisan saja. Kami masih mendalami pasal yang dikenakan nanti,” ucap Yusri.

Sementara itu, Jakmania sebelumnya sudah menyatakan pernyataan resmi terkait ulah suporter. Mereka meminta maaf atas terjadinya kerumunan yang dilakukan pendukung Persija.