Dipanggil Timnas, Aqil Savik Pastikan Fisik Terjaga meski Tak Main di Piala Menpora

Kiper , , masuk dalam daftar 34 pemain yang dipanggil Indonesia.

Aqil menjadi satu-satunya wakil Persib Bandung di skuad yang akan melakoni laga lanjutan .

Aqil bersyukur karena dilirik oleh pelatih Shin Tae-yong untuk masuk dalam skuad timnas Indonesia.

“Tentu bersyukur alhamdulillah tujuan saya ingin masuk timnas, apalagi tujuan semua pemain ingin masuk timnas, pemain muda, pemain mana pun pasti timnas,” kata Aqil kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Menariknya Aqil dipanggil ke timnas dalam situasi belum sekalipun memainkan pertandingan kompetitif bersama Persib sejak 2020.

Klub berjulukan Maung Bandung itu memang ambil bagian di turnamen 2021.

Persib bahkan melaju hingga babak final dan mencatatkan hasil sebagai runner-up di turnamen tersebut. Hanya, dari delapan laga yang dimainkan, Aqil tak sekalipun bermain.

Meski belum bermain, Aqil memastikan fisiknya dalam kondisi fit.

Sebab, selama ini dia selalu menjalani latihan tambahan di bawah pengawasan pelatih kiper Persib, Luizinho Passos. Tujuannya ialah untuk meningkatkan kondisi fisiknya.

“Persiapannya sejauh ini bagus sih, sampai terakhir fisik juga terjaga. Latihan tetap dapat, di luar jadwal latihan nambah juga sendiri. Dipantau juga sama Passos kan, dikasih menu, materi sama Passos,” kata Aqil.

Meski sudah dipastikan gagal melaju ke babak selanjutnya dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan menghadapi Thailand, , dan Uni Emirat Arab ().

Sebelum bertanding, ke-34 pemain yang dipanggil ke timnas Indonesia akan menjalani pemusatan latihan dan sejumlah uji tanding.

Mereka akan terlebih dahulu menjalani pemusatan latihan di Jakarta dari tanggal 1 hingga 10 Mei mendatang sebelum bertolak ke UEA.

Di UEA timnas Indonesia akan menjalani uji tanding menghadapi Afganistan dan Oman. Dua uji tanding tersebut rencananya akan digelar pada akhir Mei.

“Mungkin persiapan nanti saja sama ikuti latihan. Kalau target, pasti ingin kesempatan main, apalagi ini laga internasional. Pasti ada target untuk main,” kata Aqil.

Berita Terkait