Bima Sakti Tetap Akan Berlakukan Promdeg di Seleksi Timnas U-16 Indonesia

Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti saat ini sedang melakukan seleksi pemain, menjaring sekitar 30-40 dari total 169 pemain yang mengikuti seleksi.

Proses seleksi timnas U-16 Indonesia berlangsung lima sesi sejak 21 April hingga 1 Mei 2021. Bima Sakti memiliki harapan tersendiri dari kegiatan seleksi pemain saat ini.

“Mereka walaupun sewaktu pulang nanti di masa pandemi ini, bisa tetap jaga kondisi, mempersiapkan diri untuk TC (pemusatan latihan) di bulan Mei nanti,” kata Bima Sakti.

“Karena jumlah pemainnya semakin mengerucut dari 169 pemain akan kita ciutkan menjadi 50 pemain, kemudian untuk TC mungkin hanya 40 pemain,” ia menambahkan.

Mantan kapten timnas Indonesia itu juga membuka kemungkinan tetap memberlakukan promosi degradasi (promdeg) dalam timnas U-16 Indonesia asuhannya.

Pemanggilan kembali pemain-pemain yang sebelumnya sudah dipanggil bisa dilakukan, namun dengan melihat kebutuhan tim di kemudian hari.

Termasuk juga, sambil menanti beberapa seleksi regional yang dilakukan oleh Asprov.

“Kemungkinan nanti, dengan melihat kebutuhan tim, pemain yang dipulangkan, bisa dipanggil kembali. Kita juga sementara ini sedang menunggu seleksi dari Asprov,” kata Bima.

“Asprov DKI Jakarta, Jawa Timur, Papua, kemarin kita sudah dapat datanya. Tinggal menunggu data dari Asprov DKI Jakarta dan Jawa Timur untuk seleksi berikutnya.”

“Saya yakin mereka juga banyak pemain-pemain bagus,” pelatih berusia 45 tahun itu memungkasi.

Setelah ini, Bima dan tim pelatihnya akan melanjutkan agenda ke pemusatan latihan pada bulan Mei mendatang, tentunya setelah ldulfitri.

Seleksi pemain timnas U-16 Indonesia disiapkan untuk menghadapi Piala AFF U-15 yang rencananya akan terlaksana tahun ini, saat Indonesia ditunjuk AFF sebagai tuan rumah.