Tak Masuk Skuat Timnas Indonesia usai Piala Menpora, Andritany Ardhiyasa: Shin Tae-yong Salah Tidak Memanggil Saya!

kembali absen di . Kiper Persija Jakarta ini tidak dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan (TC) di Jakarta untuk keperluan Kualifikasi 2022.

Shin Tae-yong lebih memilih tiga kiper muda untuk Timnas Indonesia ketimbang Andritany. Mereka antara lain: Nadeo Argawinata, , dan Aqil Savik.

Praktis, Andritany telah lebih dari setahun menghilang dari Timnas Indonesia. Terakhir kali kiper berusia 29 tahun itu dipercaya Shin Tae-yong adalah pada Februari 2020.

“Sikap saya setelah kembali tidak dipanggil oleh coach Shin Tae-yong, saya tetap fokus di Persija,” ujar Andritany, saat konferensi pers di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (27/4/2021) Malam.

“Kalau saya bagus, coach Shin Tae-yong tidak akan tutup mata dan Insya Allah bisa kembali lagi ke Timnas Indonesia,” kata Andritany yang di era pelatih Simon McMenemy di menjadi kapten Tim Merah-Putih.

Kinerja Andritany sempat jadi sorotan saat Timnas Indonesia menjalani laga-laga awal 2022.

Tergabung di Grup G, timnas Indonesia remuk. Skuad Garuda selalu kalah dari empat pertandingan yang sudah dilaksanakan. Dengan tanpa pernah meraih poin, timnas Indonesia berada di posisi juru kunci klasemen Grup G dan juga menjadi lumbung gol bagi lawan-lawannya.

Total sudah 14 gol tim lawan yang bersarang ke gawang tim Garuda. Di sisi lain, timnas Indonesia hanya mampu menjebol gawang lawan sebanyak tiga kali. Terakhir, timnas Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam pada laga keempat yang berlangsung di , Giantar, Bali, Selasa (15/10/2019).

Sebelumnya, timnas Indonesia sudah kalah 2-3 dari , 0-3 dari Thailand, dan 0-5 dari Uni Emirat Arab. Gara-gara rentetan hasil negatif Simon ditendang sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Begitu Shin Tae-yong menukangi timnas, ia melakukan perombakan skuat. Andritany jadi salah satu korban pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sang kiper Persija tersebut tampil ciamik bersama Persija di Piala Menpora 2021. Ia sukses mengantar Persija menjadi juara.

Dari delapan pertandingan di Piala Menpora, Andritany mencatatkan lima cleansheet dan kebobolan empat kali. Mantan penjaga gawang Ini juga terpilih masuk best XI turnamen pramusim itu.

“Untuk saat ini, saya ingin membuat coach Shin Tae-yong pusing. Jadi, dia salah tidak memanggil saya. Saya bertekad membuktikan bahwa dia telah salah tidak memanggil saya,” ujar Andritany.

Berita Terkait