Satgas COVID-19 akan Pantau Suporter yang Konvoi di Bundaran HI

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander Kaliaga Ginting, mengatakan pihaknya tengah memantau suporter yang melakukan konvoi di Bundaran Hotel Indonesia (HI) agar tidak terjadi lonjakan kasus.

Seperti diketahui, suporter , The melakukan selebrasi atau merayakan kemenangan tim kebanggannya di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (26/4/2021) dinihari.

Selebrasi tersebut dilakukan setelah Persija Jakarta meraih kemenangan 2-1 atas Bandung di , Solo, Minggu (25/4/2021) dan berhasil meraih gelar juara Piala 2021.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyesalkan aksi suporter klub sepak bola yang melakukan selebrasi tersebut.

Mengingat, Jakarta sampai saat ini masih memberlakukan Pembatasan Peberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) karena pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, dengan adanya aksi selebrasi tersebut, Satgas Covid-19 langsung bergerak untuk mengurangi lonjakan kasus.

Alexander K Ginting mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan dua langkah untuk gelaran Piala Menpora 2021 ini.

“Ada dua hal yang dilihat, penyelenggaraan dan suporter. Penyelenggaraan sudah sangat baik, tetapi Satgas Covid-19 masih menunggu laporan,” ujar Alexander Kaliaga Ginting dalam jumpa pers di Kantor , Jakarta Pusat, Selasa (27/4/2021).

“Jadi ini penting sebagai bukti bahwa penyelenggaraan ini baik secara kegiatan 3M dan sesuai rencana (atau) tidak,” ucapnya.

Untuk mengurangi lonjakan kasus Covid-19, Alexander mengaku tim Satgas akan memantau langsung suporter yang melakukan konvoi kemarin.

Satgas Covid-19 akan memantau dari beberapa elemen seperti pemantauan di Rumah Sakit (RS), Puskesmas, dan tempat-tempat lain.

Tentunya tracking ini dilakukan agar penyebaran Covid-19 tidak semakin luas, karena selama dua bulan ini sudah dinilai melandai.

“Untuk suporter kami akan kerja sama untuk seluruh elemen yang ada, bagi yang positif bisa isolasi mandiri, yang sakit dirawat, kami akan bekerja sama dengan rumah sakit, puskesmas, dan PPKM skala mikro di desa dan kelurahan,” kata Alexander.

Untuk memantau ini akan dilihat selama tujuh sampai 10 hari setelah kegiatan konvoi tersebut dilakukan.

“Kami akan menunggu 7 sampai 10 hari yang akan datang, dari sini kita akan lihat bagaimana pengawasan dari akibat pelanggaran terhadap 3M ini, terutama soal kerumunan kemarin. Semoga 7 sampai 10 hari tidak ada lonjakan kasus,” tuturnya.

Hal ini diungkapkan oleh Ginting setelah menjalani rapat koordinasi dengan Kepolisian, , serta PT yang langsung dipimpin oleh Menpora.

Kegiatan ini membahas terkait evaluasi Piala Menpora 2021 dan kerumunan yang disinyalir oknum pendukung Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Berita Terkait