PSSI Pastikan Egy Maulana Vikri Gabung TC Timnas Indonesia Pekan Depan

Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) memastikan pemain yang merumput di luar negeri, seperti Egy Maulana Vikri, bakal bergabung dalam pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia pekan depan, tepatnya Rabu (5/5/2021).

PSSI telah memanggil 34 pemain untuk menjalani TC timnas Indonesia di Jakarta yang dimulai pada Sabtu (1/5/2021).

TC timnas Indonesia di Jakarta direncanakan akan berlangsung dari tanggal 1 sampai 9 April mendatang.

Dari 34 pemain yang dipanggil, di antaranya terdapat beberapa nama pemain yang tengah merumput di klub luar negeri.

Beberapa nama pemain yang bermain di luar negeri seperti Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Ryuji Utomo (Penang FA), dan yang lainnya akan bergabung dengan tim.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, memastikan beberapa nama pemain yang bermain di luar negeri akan segera bergabung pada awal Mei.

Contoh pemain yang dipastikan segera bergabung dalam TC timnas Indonesia yakni Egy Maulana Vikri dan Syahrian Abimanyu.

“Macam-macam. Jadi Egy itu tanggal 5 Mei, kalau Syahrian Abimanyu 15 Mei. Saya tidak hapal,” ujar Indra Sjafri saat ditemui di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (27/4/2021).

Mantan pelatih timnas U-23 Indonesia itu mengatakan pemain yang berkarier di luar negeri bahkan bisa bergabung lebih cepat.

Menurutnya hal itu dapat terjadi karena kompetisi di Eropa juga berakhir lebih cepat.

Sementara itu, untuk pemain yang lain seperti Ryuji Utomo, Asnawi Mangkualam, dan yang lainnya masih menunggu jadwal FIFA Matchday pada 31 Mei.

“Untuk yang di Eropa itu karena kompetisi lebih cepat selesai, anak-anak juga lebih cepat bisa bergabung. Tanggal 31 Mei itu periode FIFA Matchday, jadi kompetisi sudah selesai. Mereka bisa cepat datang,” ucapnya.

Pelatih asal Sumatra Barat tersebut mengatakan bahwa nantinya para pemain yang dari luar negeri tak semuanya datang ke Jakarta.

Ada beberapa pemain yang akan bergabung tepat berdekatan dengan FIFA Matchday maka mereka akan langsung bergabung di Uni Emirat Arab (UEA).

Para pemain timnas Indonesia yang menjalani TC di Jakarta memang akan berangkat ke UEA pada 10 Mei mendatang.

Berangkat ke UEA dijadwalkan lebih cepat karena di tengah pandemi COVID-19 ini, tak ada yang pasti.

Apalagi, timnas Indonesia direncanakan akan menggelar laga uji coba dengan Afganistan dan Oman pada akhir Mei mendatang.

Oleh karena itu, Indra Sjafri juga tak mempermasalahkan apabila nantinya pemain akan menjalani karantina lebih dulu saat sampai di UEA.

Apabila timnas Indonesia berangkat lebih awal, masih cukup banyak waktu walaupun harus menjalani karantina.

“Pemain dari luar negeri tidak semuanya datang ke Jakarta. Masih ada pertandingan untuk klub mereka. Saya hanya bicara tadi Egy ke Jakarta tanggal 5 Mei,” kata pelatih berusia 58 tersebut.

“Kalau Abimanyu langsung ke Dubai, Yanto Basna dan Ryuji Utomo juga sudah di sini. Elkan Baggott langsung ke Dubai,” tuturnya.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan menjalani tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, Vietnam pada 7 Juni dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni.