Bawa Persija Juara Piala Menpora 2021, Sudirman Belum Berani Bicara Liga 1

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman, masih belum berani membicarakan kelanjutan nasibnya di ruang kendali Macan Kemayoran menjelang Liga 1 2021.

Hal itu diungkapkan Sudirman sesuai mengantar Persija Jakarta meraih gelar juara Piala Menpora 2021, Minggu (25/4/2021) malam WIB.

Persija Jakarta dipastikan menjadi juara Piala Menpora 2021 seusai mengalahkan rival abadinya, Persib Bandung, dengan total agregat 4-1.

Sudirman mendapat pertanyaan mengenai masa depannya di Persija Jakarta pada sesi konferensi pers seusai laga.

Masa depan Sudirman di Persija Jakarta saat ini memang masih menjadi pertanyaan. Sebab, Sudirman masih memegang lisensi A AFC.

Di sisi lain, regulasi Liga 1 mewajibkan seorang pelatih kepala sebuah tim minimal memiliki lisensi AFC Pro.

Terkait masa depannya, Sudirman masih belum bisa berbicara banyak dan menyerahkan sepenuhnya ke manajemen Persija Jakarta.

Sudirman hanya bisa memastikan bahwa skuad Persija Jakarta akan kembali dikumpulkan setelah lebaran Idul Fitri untuk bersiap menyambut Liga 1 2021.

“Hal paling penting saat ini adalah kami (skuad Persija) semua sangat senang dengan keberhasilan menjadi juara Piala Menpora 2021,” kata Sudirman.

“Terkait Liga 1, saya tidak berani banyak bicara. Sebab, Liga 1 kemungkinan baru akan bergulir pada Juli 2021,” ujar Sudirman menambahkan.

“Selain itu, saya juga masih belum tahu apakah saya masih dipercaya oleh manajemen Persija sebagai pelatih kepala atau tidak,” tutur Sudirman.

“Skuad Persija Jakarta nantinya akan mulai bersiap menyambut Liga 1 2021 setelah lebaran,” ucap Sudirman menambahkan.

Sudirman mulai bekerja sebagai pelatih kepala Persija Jakarta sejak September 2020.

Mantan pemain dan kapten timnas Indonesia itu ditunjuk Persija Jakarta untuk menggantikan Sergio Farias yang pulang ke Brasil.

Dari segi pengalaman, Sudirman bukanlah sosok asing di tubuh Persija Jakarta.

Sudirman tercatat pernah menjadi asisten pelatih Persija Jakarta pada era Benny Dollo, Iwan Setiawan, hingga Edson Tavares.

Sudirman juga pernah menangani tim muda Persija Jakarta pada 2018 dan 2019.

Ketika ditunjuk menjadi pelatih kepala Persija tahun lalu, Sudirman sebenarnya sempat diragukan banyak kalangan terutama dari kalangan The Jakmania.

Sebab, Sudirman masih belum memiliki pengalaman melatih tim Liga 1 sepanjang kariernya.

Sudirman semakin diragukan karena skuad Persija Jakarta berisi banyak pemain bintang seperti Andritany Ardhiyasa, Maman Abdurrahman, Marc Klok, Riko Simanjuntak, hingga Marko Simic.

Namun, seiring berjalannya waktu, Sudirman berhasil membuktikan kapasitasnya hingga sukses mengantar Persija Jakarta meraih gelar juara Piala Menpora 2021.

Sepanjang Piala Menpora 2021, Persija Jakarta asuhan Sudirman tercatat hanya menelan satu kekalahan dari total delapan pertandingan.

Pada enam laga lainnya, Persija sukses meraih empat kemenangan dan dua kali imbang (hasil dua laga semifinal waktu normal melawan PSM Makassar).