Prihatin dengan Aksi Suporter Persija dan Persib, Menpora Serahkan Pengusutan ke Polri

Menpora RI, mengungkapkan keprihatinannya atas aksi Jakarta dan Bandung selepas laga final 2021.

Pada Minggu (25/4/2021) malam, suporter Persija merayakan keberhasilan Macan Kemaroran menjadi juara dengan konvoi di jalanan Jakarta.

Sementara pendukung Persib, mengekspresikan kekecewaan dengan merusak Graha Persib dan melakukan sweeping terhadap kendaraan plat B di Bandung.

Salah satunya mobil kakak perempuan kiper Persib, Aqil Savik yang menjadi korban pengrusakan oknum pendukung Persib lantaran berplat nomor B.

Zainudin Amali menyebut peristiwa yang terjadi di Jakarta dan Bandung jadi pelajaran berharga bagi , , dan banyak pihak lainnya dalam penyelenggaraan kompetisi sepak bola.

“Ini menjadi pelajaran buat penyelenggara, buat PSSI, tentu buat kita semua,” ujar Zainudin Amali, Senin (26/4/2021) siang.

“Supaya apa yang sudah bagus di dalam Piala Menpora ini kita pertahankan, apa yang menjadi kekurangan, akan kita coba perbaiki lagi,” ia menambahkan.

Dalam sesi jumpa pers virtual dari Solo, Menpora akan menyerahkan pengusutan dua peristiwa di Jakarta dan Bandung kepada pihak kepolisian.

Apabila diketahui ada tindakan-tindakan yang dianggap melanggar peraturan, maka Menpora menyerahkan proses hukumnya kepada kepolisian.

“Sekali lagi sangat memprihatikan kita. Saya minta untuk dicari penyebabnya dan yang paling berwenang untuk mencari itu adalah teman-teman kepolisian,” kata Zainudin Amali.

“Karena ini ranahnya kepolisian, bukan ranah kami, tentu saya akan minta tolong kepada kepolisian untuk melihat siapa yang memulai,” ia menambahkan.

Berita Terkait