Menpora Minta PSSI dan PT LIB Segera Rumuskan Format Kompetisi Musim 2021-2022

Dengan hampir tuntasnya Piala Menpora 2021 sebagai turnamen pramusim yang berjalan tanpa permasalahan berarti ditengah pandemi, menjadi angin segar untuk dapat bergulirnya kompetisi yang sesungguhnya, Liga 1 dan Liga 2 2021-2022.

Liga 1 dan Liga 2 tampaknya akan menemui titik terang jika Piala Menpora 2021 berjalan sukses dan kondusif.

Turnamen pramusim ini akan menjadi patokan untuk kegiatan-kegiatan lainnya termasuk yang di luar sepak bola.

Tak sedikit pihak pula yang meyakini jika suksesnya pagelaran Piala Menpora 2021 adalah tiket menuju kompetisi sepak bola Indonesia.

“Dua hari yang lalu PSSI dan LIB datang ke kantor dan melaporkan persiapan yang akan dilakukan untuk kompetisi musim 2021-2022. Direncanakan bulan Juli, tepatnya yang disampaikan Ketua Umum PSSI yakni tanggal 3 Juli,” kata Menpora Zainudin Amali.

“Tetapi sebelum itu harus mempersiapkan dengan sungguh-sungguh karena ini bukan turnamen, ini kompetisi yang diikuti oleh klub Liga 1 dan Liga 2. Penyelenggara harus menentukan tempatnya di mana, sistemnya seperti apa, dan harus ada kesepakatan dari semua klub.”

“Apa yang kita sudah jalani selama turnamen Piala Menpora menjadi pedoman utama saat menjalani kompetisi yang panjang nanti,” ia menambahkan

Secara teknis, setelah menentukan format dan bentuk kompetisi, Menpora meminta PSSI sebagai regulator dan PT LIB sebagai operator kompetisi untuk melaporkan hasilnya kepada Presiden Joko Widodo.

Ada beberapa opsi yang tengah dipertimbangkan, salah satunya soal kemungkinan dihadiri penonton dengan jumlah terbatas.

Akan tetapi hal itu harus terlebih dahulu melewati kajian mendalam, sebab saat ini masih dalam situasi pandemi.

Oleh karena itu seluruh stakeholder seperti pemerintah, federasi, pihak kepolisian, Satgas Covid, PSSI, dan PT LIB harus merumuskan cara yang terbaik.

“Kalau ditanya seperti apa tentu belum. Karena teman-teman PSSI dan LIB masih konsentrasi menyelesaikan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 ini,” ujar Amali.

“Setelah ini pasti saya akan mendapatkan laporan dari mereka, dan saya akan melaporkan kembali kepada Presiden, kemudian akan disampaikan ke publik seperti apa jalannya kompetisi 2021-2022 ini,” ia menambahkan.

Adapun hitungan tanggal dan bulan dimulainya kompetisi 2021-2022 yang direncanakan bulan Juli mendatang oleh LIB dan PSSI sudah diperhitungkan supaya selesai sekitar Maret atau April 2022.

“Hampir bisa dipastikan itu akan bergulir, tentu kita tetap harus menunggu izin dari kepolisian karena pihak kepolisianlah yang punya kewenangan untuk mengeluarkan izin,” kata Amali.

“Saya hanya bisa merekomendasikan setelah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak, mudah-mudahan mohon doanya supaya tidak ada sesuatu yang terjadi di sisa beberapa hari lagi kita menuntaskan turnamen pramusim Piala Menpora ini,” ujar dia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.