Majukan Sepak bola Indonesia, Sulut United Dirikan Akademi Jelang Liga 2

Klub sepak bola asal Kota Manado, Sulut United, baru saja mendirikan akademi menjelang digulirkannya kompetisi Liga 2 2021.

Pembentukan akademi tersebut menjadi salah satu dari empat misi klub berjulukan Hiu Utara yang ingin menghasilkan pemain berkualitas untuk industri sepak bola nasional.

Selain itu, Sulut United memang menjadikan akademi sebagai salah satu dari delapan perencanaan klub selama lima tahun ke depan. Manajemen masih akan berpusat di Kota Manado yang merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Utara pada tahun perdana pendirian akademi.

“Sementara ini kami fokus di Manado dulu, sedangkan kota dan kabupaten lain akan dilihat dulu bagaimana antusiasmenya nanti,” ungkap manajer Sulut United, Muhammad Ridho kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (23/4/21) malam.

Kehadiran akademi sepakbola milik klub yang identik dengan warna biru langit ini sangat spesial lantaran pertama di area Provinsi Sulawesi Utara.

Manajemen Sulut United membuka pendaftaran untuk calon murid akademi yang terbagi dalam empat kelompok usia, mulai dari kelas 6-8, 9-10, 11-12, dan 13-14 tahun. Periodenya adalah 17-30 April.

Lebih lanjut, Ridho menyebut pelatih Ricky Nelson selalu membuka peluang untuk pemain lokal Sulawesi Utara bergabung ke dalam skuat Sulut United di ajang Liga 2 2021.

“Untuk kuota sih tidak baku ya. Musim ini harus sekian lalu musim depan juga harus sekian. Tidak seperti itu, tapi memang dari musim ke musim harus ada pemain lokal asli Sulut dalam skuat kami,” ujar Ridho.

Akan tetapi, Ridho menegaskan bahwa pemain lokal asal Sulawesi Utara paling tidak memiliki kualitas yang dapat menyamai skuat Sulut United yang disiapkan untuk mengarungi Liga 2 2021.