Asnawi Mangkualam Bahar Tak Ingin Pulang Bila Belum Sukses Di Korea Selatan

Bek sayap muda menegaskan dirinya tak berniat pulang kampung bila belum meraih kesuksesan di Korea Selatan, setidaknya membantu promosi ke K League 1.

Penampilan bersama Ansan tak hanya menyedot perhatian publik Indonesia, tapi juga Korsel, terutama pendukung Ansan. Dari tiga pertandingan, Asnawi memperlihatkan performa impresif, meski posisinya kerap berubah.

Asnawi mengatakan, rekomendasi pelatih Indonesia kepada Ansan membuat dirinya perlu memperlihatkan kemampuan yang dimilikinya secara masikmal. Sebab, harapan agar Asnawi daapt menunjukkan kemampuanya sangat tinggi.

“Saya direkomendasikan untuk menghadapi tantangan di panggung K League. Paling penting adalah saya harus bermain bagus di sini, karena saya menjadi pemain [Indonesia] pertama yang bermain di Korea,” ucap Asnawi dikutip laman Hankook Ilbo.

“Hal pertama yang saya lakukan adalah memahami gaya permainan yang diterapkan pelatih dan rekan-rekan satu tim. Saya ingin mendapat pengakuan.”

“Saya sudah bertekad 100 persen di Ansan yang telah memilih saya. Saya ingin menunjukkan skill dan kemampuan bermain untuk membantu Ansan promosi ke K League 1. Saya sudah bertekad, sebagai pemain Indonesia pertama, saya tidak ingin pulang bila belum mendapat kesuksesan.”

Asnawi mengaku sampai sekarang ia masih menjalani proses adaptasi. Selain dengan gaya permainan tim, Asnawi juga belum sepenuhnya bisa beradaptasi dengan cuaca di Korsel yang bagi masyarakat setempat sudah mulai merasakan suhu hangat.

“Saya sadar akan bersaing dengan pemain Korea, sehingga perlu meningkatkan stamina dan kecepatan. Saya juga masih belum bisa membaca nama pemain [di Jersey], hanya bisa mengingat nomornya saja,” imbuh Asnawi.

“Saya masih dalam tahap beradaptasi dengan cuaca dan K League. Sekarang saya masih merasa kedinginan di Korea. Saya belum begitu familiar dengan kondisi di sini.”

“Tapi setelah saya bisa beradapatasi dengan baik, saya akan berusaha mendapatkan hasil bagus. Saya berharap sudah bisa menunjukkan penampilan lebih baik lagi di musim panas.”

Asnawi menambahkan, dukungan fans di Ansan juga menjadi alasan dirinya ingin memperlihatkan performa bagus. Dalam proses adaptasi ini, Ansan yang dihuni masyarakat multikultural dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Asnawi mendapatkan bantuan dari fans. Ia kerap bergabung dengan fans asal Indonesia agar tidak merasa kesepian.

“Itu sangat membantu, karena para penggemar mengajari saya bagaimana cara menyapa dan terima kasih,” ucap Asnawi.

Berita Terkait