PSSI Bicara Kekacauan Wasit di Piala Menpora dan Siapa yang Pimpin Laga Final

Ketua Umum PSSI, , memastikan dua leg laga final Piala 2021 antara Persib Bandung vs Jakarta akan dipimpin oleh wasit berlisensi .

Seperti diketahui, belakangan ini keputusan wasit dalam gelaran 2021 dinilai kontroversi, sehingga menerima banyak kritikan.

Untuk itu, agar tidak ada kontroversi lagi ataupun sesuatu yang dianggap tidak layak di Piala Menpora 2021 nanti.

Maka PSSI dan (LIB) memutuskan pertandingan dua leg babak final nantinya akan langsung dipimpin wasit berlisensi FIFA.

Mochamad Iriawan bahkan memastikan untuk babak perebutan posisi ketiga juga akan dipimpin wasit berlisensi FIFA.

“Iya pasti itu yang turun lisensi FIFA, di dua leg final bahkan di tempat ketiga juga kita turunkan wasit yang FIFA,” ujar Mochamad Iriawan, dalam jumpa pers di Media Center Kemenpora, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021).

“Kita baru punya lima wasit (berlisensi FIFA) rencana kami akan sekolahkan, pak Menpora nanti akan dukung biar VAR bisa diterapkan di kita. Kita masih punya lima kurang tujuh. Kan harus 12 wasit minimal,” ucapnya.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut mengatakan bahwa keputusan wasit yang kontrovesial itu pada dasarnya karena tidak ada unsur kesengajaan.

Menurutnya hal itu dapat terjadi karena wasit sudah lama tidak memimpin pertandingan langsung.

“Wasit kai semua akomodir karena kan sudah lama nganggur, ada 74 wasit harunya cukup 25 tapi kami mainkan semua, satu tahun setengah loh mereka tidak main, dengan fisik yang kurang dan sekarang pasti ada saja (kesalahan),” kata Iwan Bule.

“Tapi saya lihat kemarin tidak ada unsur kesengajaan tapi tetap akan kami dalami, karena tidak enak juga kami melihatnya. Pelanggaran itu ada cuma telah wasit ambil keputusannya,” tuturnya.

Sekedar info, sebelumya kontroversi terjadi karena pada laga 2021, yang mempertemukan Persib vs .

Keputusan wasit pada menit ke-88 yang menghentikan umpan kepada itu dinilai penuh kontroversial.

Wasit deiketahui meniup peluit tanda pelanggaran yang dilakukan Persib terhadap Nicolas Veles meski sebenarnya PSS dalam posisi advantage ball, karena bola didapatkan Irfan Jaya dalam posisi menyerang pertahanan Persib.

Dengan keputusan itu PSS Seleman pun merasa dirugikan, bahkan karena alasan tersebut tim berjulukan Elang Jawa tak mau menghadiri konferensi pers.

Berita Terkait