Cerita Asnawi Mangkualam di Korea, Main di Posisi Baru

Mangkualam bicara mengenai peran barunya di sebagai penyerang sayap kanan. Ia tertantang untuk menguasai selain bek sayap dan gelandang.

sebenarnya sempat main di posisi aslinya sebagai bek sayap kanan saat debut bersama Ansan di ajang Piala FA melawan Yangpyeong FC, 28 Maret. Pelatih Ansan mulai memainkan Asnawi sebagai penyerang sayap kanan saat timnya jumpa Busan IPark, 3 April lalu.

Setelahnya, Asnawi terus mainkan posisi itu dalam dua laga 2 selanjutnya. Asnawi mengaku tak masalah dengan keputusan Kim Gil-sik yang tak memainkan ia di posisi aslinya.

Ini bukan kali pertama Asnawi mengalami perubahan posisi. Saat masih bersama U-19 pun ia aslinya bukan seorang bek kanan.

“Iya sekarang bermain sebagai sayap kanan, tapi itu nggak ada masalah buat saya. Ini kan sama halnya dulu saya berposisi gelandang dan diubah sama coach Indra Sjafri ke posisi bek kanan,” kata Asnawi kepada detikSport.

“Dan dulu juga saya tidak langsung bisa memberikan penampilan terbaik di posisi baru saya di bek kanan, butuh proses untuk bisa memberikan penampilan 100 persen,” ujarnya menambahkan.

Di awal kariernya, Asnawi sebenarnya adalah seorang gelandang bertahan. Luis Milla saat masih melatih Timnas Indonesia pun memainkan Asnawi sebagai gelandang.

Asnawi sempat dipanggil Timnas Indonesia oleh Luis Milla untuk uji coba melawan Myanmar di , Kabupaten Bogor, pada 21 Maret 2017. Saat itu Asnawi masuk ke lapangan untuk menggantikan M Hargianto yang notabene adalah gelandang.

Perubahan posisinya menjadi bek kanan dilakukan oleh Indra Sjafri saat menjabat pelatih . Di ajang 2018 di Indonesia, Asnawi main penuh sebagai bek kanan.

Kini, setelah pindah ke Ansan, Asnawi kembali harus adaptasi lagi untuk memainkan posisi baru. Ia malah senang dengan tugas baru ini.

“Yang terpenting kemauan belajar dan kerja keras. Dam ini juga saya sangat bersyukur bisa mendapat posisi baru,” tutur Asnawi.

“Kalau saya berhasil memberikan penampilan terbaik di posisi sayap kanan, kan ini menjadi keuntungan buat saya karena saya bisa menguasai 3 posisi,” ucap eks pemain Makassar.
(/cas)

Berita Terkait