Jelang Playoff AFC Cup, Progres Skuat Persipura Jayapura Kian Meningkat

Skuat Persipura Jayapura kian mengalami peningkatan setelah menjalani persiapan selama empat pekan di Kota Jayapura. Kesiapan skuat Persipura sudah mencapai progres sekitar 40 hingga 50 persen.

Pelatih Persipura, mengatakan, perkembangan timnya kini sudah signifikan. Walaupun ia menilai masih terdapat sejumlah kekurangan yang perlu dibenahi.

U-19 TC di Spanyol Bawa Kabar Kejutan, Kento dan Kevin Positif Corona Jadi Sorotan

“Dari aspek persiapan progres kita sudah sangat signifikan. Progresnya sangat baik, dari aspek endurance juga ada peningkatan sangat signifikan. Kita masih kurang di aspek power karena belum masuk materi latihan strength,” kata Jacksen kepada awak media plahraga INDOSPORT, Jumat (16/04/21).

Juru taktik berkebangsaan Brasil ini mengaku optimis timnya bisa terus berkembang di sisa waktu persiapan jelang menghadapi babak play off Piala .

“Tiap hari kita bisa berkembang dan selalu ada ruang untuk berkembang. Bagi saya, menemukan kesempurnaan itu selalu ada ruang, kita bisa mencapai level tinggi lagi kalau kita mau maju,” ungkapnya.

Saat ini, Jacksen Tiago memfokuskan kepada konsep bermain timnya. Menurutnya, respons pemainnya sejauh ini sudah sangat positif.

“Kita cukup optimis dengan perkembangan mereka (pemain), pemahaman dan terutama apa yang mereka berikan kepada kita. Setiap latihan kelihatan ada peningkatan yang cukup baik,” ujar Jacksen.

Jacksen berharap, hasil positif yang didapatkan anak asuhnya selama menjalani pemusatan latihan di Jayapura bisa diaplikasikan pada laga ujicoba yang rencananya bakal digelar dalam waktu dekat.

“Tinggal kita sekarang membawa realitas ini ke laga uji coba. Semoga dalam uji coba nanti kita bisa mendapat lebih banyak bahan untuk evaluasi kita agar berada di momen yang tepat pada 19 Mei nanti,” tandas Jacksen.

Jacksen Tiago menginginkan timnya bermain lebih agresif jelang melakoni babak play off Piala AFC, 19 Mei mendatang. Hal ini ia tekankan saat memimpin sesi latihan timnya di , Jayapura.

Jacksen nampak berulang kali meminta para pemainnya melakukan simulasi serangan dari lini tengah lalu kemudian mengalirkan umpan ke lini depan secepat mungkin.

Kata Jacksen, ia mencoba menerapkan taktik menyerang dengan agresifitas tinggi. Pasalnya, kemenangan menjadi harga mati bagi Persipura di babak play off Piala AFC yang hanya akan digelar satu leg saja.

“Yang jelas kita butuh permainan tim yang sangat taktis dan bisa meraih kemenangan di setiap laga, kita harus bermain serapat mungkin dan seagresif mungkin. Walaupun waktu persiapan mepet, tapi saya rasa sudah ada perkembangan,” ujar Jacksen.

Kendati begitu, Jacksen mengakui jika timnya belum 100 persen maksimal dari segi fisik. Namun, pelatih asal Brasil ini yakin progresnya bisa segera meningkat.

“Saya yang tahu tentang tim kita, level mereka masih jauh dari yang diharapkan. Untuk meningkatkan peak performance kita melakukan game internal,” ungkap Jacksen.

Berita Terkait