Timnas Indonesia Gelar TC, PSSI Panggil Pemain yang Berkarier di Luar Negeri

Timnas Indonesia bakal menggelar pemusatan patihan (TC) di Jakarta, pada 1 Mei 2021.

TC timnas Indonesia digelar pada awal Mei 2021 untuk persiapan menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang rencananya bakal bergulir pada Juni mendatang.

Pertengahan 2021 memang cukup padat bagi skuad Garuda.

Sebelum skuad timnas Indonesia sempat dikumpulkan, tim asuhan Shin Tae-yong telah dinanti dua laga uji coba.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan menghadapi dua partai uji coba melawan Afghanistan (25 Mei) dan Oman (29 Mei).

Dua laga uji coba itu akan berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), karena Kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022 juga digelar terpusat di Negara Minyak tersebut.

Maka dari itu, skuad Garuda akan menjalani TC di Jakarta terlebih dahulu sebelum berangkat ke UEA.

Meski jadwal memang sudah ditentukan, Direktur Teknis PSSI, Indra Sjafri, mengaku bahwa pihaknya masih belum melayangkan surat panggilan pemain kepada klub lokal.

“PSSI, Asprov, dan klub selama ini menjalin komunikasi teknis dengan sangat lancar. Jadi kami bisa memanggil pemain setiap saat,” ujar Indra Sjafri kepada BolaSport.com, Kamis (15/4/2021).

“Apalagi kebanyakan kan mereka sudah pernah ikut TC sebelumnya,” ucap mantan pelatih timnas U-23 Indonesia tersebut.

Hanya saja, langkah berbeda telah ditempuh PSSI untuk pemain-pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Pelatih asal Sumatera Barat tersebut mengaku pihaknya telah memanggil beberapa pemain yang tengah memperkuat tim di luar negeri agar bisa kembali ke Indonesia dan ikut dalam pemusatan latihan.

Indra Sjafri bahkan mengatakan bahwa PSSI sudah melayangkan surat panggilan untuk beberapa pemain agar bisa bergabung dengan timnas Indonesia nantinya.

“Saat periode FIFA match day pastinya kami panggil. Maka dari itu kami memanggil pemain yang tengah berkarier di luar negeri dan surat juga sudah kami kirimkan ke klub,” kata Indra Sjafri.

Meski sudah mengantongi nama, Indra Sjafri enggan membeberkan siapa saja pemain yang dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia nantinya.

Menurutnya, apabila ada jawaban dari klub, maka PSSI siap untuk merilis nama-nama itu.

“Nanti kami akan rilis setelah semua pemain yang kami panggil dari klub selesai. Kalau semua klub sudah mengetahui pemainnya yang dipanggil baru akan kami umumkan ke media,” tuturnya.

“Karena pada dasarnya nggak baik kalau klub tahu pemainnya dipanggil bukan dari PSSI dulu, tetapi dari pihak lain. Makanya nanti akan kami umumkan dan rilis secara resmi.”

Sementara itu, beberapa pemain andalan timnas Indonesia saat ini memang tengah berkarier di luar negeri.

Beberapa pemain tersebut seperti Ryuji Utomo (Penang FC, Malaysia), Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan), dan beberapa pemain lain di Eropa.