Bersinar Di Piala Menpora, Bintang Persib Bandung & Persija Jakarta Ini Tatap Debut Timnas Indonesia

Tim nasional senior Indonesia akan melakoni sejumlah agenda internasional pada akhir Mei hingga pertengahan Juni mendatang. Sebagai pelatih kepala , Shin Tae-yong tentu akan mulai disibukkan dengan pemanggilan pemain ke skuad Garuda.

menjadi satu-satu nya ajang di dalam negeri yang menjadi referensi Tae-yong. Dari sana, eks pelatih Son Heung-min itu akan memanggil banyak pemain dan tak menutup kemungkinan akan ada nama-nama baru alias pemain debutan.

Di ajang Piala Menpora 2021 yang kini sudah memasuki babak empat besar, ada dua nama dari tim semi-finalis yang punya peluang kuat untuk memulai debut bersama timnas. Mereka adalah Frets Butuan dari dan Marc Klok dari Jakarta.

Frets Butuan

Frets Butuan menjadi pemain lokal yang berpengaruh bagi keberhasilan Persib di Piala Menpora. Anggota TNI AD asal Ternate ini selalu dimainkan di seluruh laga dengan catatan dua gol dan dua assist. Mengutip data statoskop.id, Frets terlihat berbahaya di lini sayap dengan catatan 98 kali umpan, 69 umpan sukses, 15 umpan silang, 3 umpan kunci, dengan akurasi umpan 71 persen

Berkat kontribusi Frets di sayap kiri, Persib menjadi tim terproduktif di Piala Menpora sejauh ini dengan torehan sembilan gol, serta menjadi salah satu-satunya tim semifinalis yang memiliki kemenangan terbanyak dan belum terkalahkan. Ditanya soal kansnya dipanggil Tae-yong, Frets mengakui jika masuk timnas adalah mimpi terbesarnya.

“Puji Tuhan kalau banyak yang saya punya peluang besar main untuk timnas. Sebagai pesepakbola Indonesia, tentu ini adalah hal bagus karena semua pesepakbola Indonesia punya mimpi tertinggi memakai Garuda di dada, termasuk saya,” ujar Frets kepada Goal Indonesia.

“Akan tetapi saya tak mau ambil pusing dulu tentang itu. Kini, saya sedang fokus dan mesti tambah kerja keras lagi di pramusim bersama Persib Bandung agar bisa dapatkan yang terbaik dari Piala Menpora ini,” lanjut Frets.

Marc Klok

Di kubu Persija, ada Marc Klok yang layak disebut sebagai pemain kunci di ajang Piala Menpora ini. Main penuh dalam empat pertandingan, Klok tinggal selangkah lagi mengantarkan Persija ke final.

Sang gelandang kelahiran Belanda ini tercatat telah membukukan satu gol dan dua assist. Selain itu, seperti dikutip dari statoskop.id, Klok juga mencatatkan 168 kali operan dengan kesuksesan 75 persen, tujuh umpan kunci, dan 13 kali tekel. Sebuah statistik yang menunjukkan visi Klok yang komplet dalam menyerang dan bertahan.

Merespons performa dan statistik apiknya di Piala Menpora, Klok mengaku belum puas sembari menyuarakan rasa antusiasmenya soal potensi debut untuk timnas Indonesia.

“Bermain di timnas adalah salah satu mimpi terbesar saya sejak kedatangan saya di Indonesia. Satu mimpi terbesar sudah saya tunaikan yakni menjadi WNI,” ujar Klok kepada Goal Indonesia.

“Bagi saya, itu adalah pencapaian tertinggi untuk pesepakbola apalagi jika bisa tampil di ajang prestisius seperti kualifikasi Piala Dunia. Saya akan mati-matian untuk negara saya karena ini adalah penantian panjang jika misalnya mimpi itu benar terjadi. Saya juga harus memberikan trofi juara untuk Indonesia!”

“Jika melihat statistik, saya merasa telah menjalankan turnamen ini dengan baik dan merasa bugar. Akan tetapi, saya belum boleh puas dan saya mesti memenangkan turnamen ini. Statistik akan saya jadikan acuan agar bisa lebih baik lagi,” tambah Klok.

Kapan Timnas Indonesia Main Lagi?

Selepas Piala Menpora, timnas Indonesia rencananya akan mulai berkumpul pada 1 Mei mendatang untuk persiapan di Dubai. Di ajang itu, pasukan Shin Tae-yong masih memiliki sisa laga yakni menghadapi Thailand (3/6), Vietnam (7/6), dan Uni Emirat Arab (11/6).

Namun, sebelum mengarungi kembali ajang kualifikasi tersebut, Indonesia akan melakoni satu laga persahabatan internasional, yakni menghadapi Afghanistan yang diperkuat gelandang Persib pada 25 Mei mendatang di Dubai.

Berita Terkait