Sudah Kantongi Nama, PSSI Siap Panggil Pemain Timnas Indonesia

PSSI siap memanggil pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia di Jakarta pada 1 Mei 2021.

Timnas Indonesia direncanakan segera menggelar TC untuk persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Ada tiga pertandingan sisa yang akan dilakoni timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 tersebut.

Tiga pertandingan itu yakni melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam pada 7 Juni, dan terakhir Uni Emirat Arab (UEA) pada 11 Juni 2021.

Pertandingan sisa Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia itu akan digelar terpusat di Uni Emirat Arab karena pandemi Covid-19.

Untuk persiapan itu, timnas Indonesia akan segera menggelar TC di Jakarta pada 1 Mei 2021.

Direktur Teknis PSSI, Indra Sjafri, mengatakan bahwa persiapan untuk TC di Jakarta telah dilakukan dengan matang dan baik.

Persiapan TC hanya tinggal menanti pemanggilan skuad Garuda untuk menjalani TC pada awal Mei mendatang.

Mantan pelatih timnas U-23 Indonesia itu mengatakan bahwa PSSI hanya tinggal memanggil dan mengumumkan para pemain yang akan mengikuti TC kali ini.

Dengan itu, PSSI sudah dipastikan telah mengantongi nama-nama pemain yang telah dipilih oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Indra Sjafri bahkan memastikan bahwa untuk pemanggilan pemain timnas Indonesia tak harus menunggu berakhirnya gelaran Piala Menpora 2021.

PSSI memastikan bahwa mereka bisa memanggil pemain yang akan mengikuti TC kapan saja.

“Yang pasti klub dan pemainnya akan dikasih tau lebih dulu. Dan tidak harus menunggu Piala Menpora 2021 kelar, karena PSSI, Asprov, serta klub melakukan komunikasi teknis sangat lancar selama ini,” ujar Indra Sjafri kepada BolaSport.com, Rabu (14/4/2021).

“Jadi untuk pemanggilan pemain sendiri bisa dilakukan setiap saat,” ucapnya.

Menurut pelatih asal Sumatera Barat itu, PSSI siap memanggil pemain kapan saja karena timnas Indonesia telah menggelar TC sebelumnya.

Sehingga, susunan pemain timnas Indonesia dalam TC kali ini juga dinilai tidak berbeda jauh dari TC sebelumnya.

Apalagi, pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, juga memanggil banyak pemain senior dalam TC timnas U-22 Indonesia pada Februari lalu.

Kemungkinan besar pemain-pemain seperti Kushedya Hari Yudo, Adam Alis, dan beberapa pemain senior lainnya yang dipanggil ke TC Garuda Muda akan kembali dipanggil untuk mengisi skuad timnas senior.

“Kan mereka sudah pernah menjalani TC sebelumnya. Jadi ya bisa dipastikan bahwa para pemainnya tidak akan mungkin berubah 100 persen,” ucapnya.

Meski begitu, Indra Sjafri juga menegaskan bahwa semua pemain yang akan dipanggil untuk mengikuti TC timnas Indonesia nantinya adalah pilihan Shin Tae-yong sepenuhnya.

“Iya pastilah, coach Shin Tae-yong yang memilihkan karena itu tanggung jawabnya dalam memilih pemain dan untuk pencoretan juga,” tuturnya.

Sementara itu, walaupun timnas Indonesia belum menjalani latihan dan persiapan, tim asuhan Shin sudah ditunggu Afganistan untuk menjalani uji coba pada 25 Mei.