Regulasi Semifinal dan Final Piala Menpora 2021: Digelar Dua Leg, Tidak Ada Keuntungan Gol Tandang

Piala Menpora 2021 segera memasuki babak semifinal. Empat tim yang sudah lolos dari babak perempat final bakal bertarung dengan sistem home and away.

Perubahan format ini telah diumumkan sebelumnya oleh organizing Committee (OC) beberapa waktu sebelum dimulainya Piala Menpora 2021.

Ketua OC Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita, menerangkan bahwa keputusan ini dimaksudkan agar menambah keseruan turnamen karena Persipura Jayapura tidak ikut serta.

“Sehubungan dengan pelaksanaan Piala Menpora 2021 dan menindaklanjuti penyesuaian peserta yang berubah menjadi 17 klub, maka jumlah pertandingan disesuaikan di babak semifinal dan final menjadi dua leg,” tulis Akhmad Hadian Lukita pertengahan Maret silam.

“Dengan harapan, agar pertandingan menjadi lebih kompetitif dan berkualitas. Oleh karena itu, OC menyampaikan perubahan jadwal sebagaimana terlampir. Sedangkan terkait perubahan regulasi, segera kami susulkan,” kata Lukita lagi.

Adapun, babak semifinal bakal berlangsung pada 15-16 dan 18-19 April 2021. Sementara partai puncak, akan dihelat pada 22 dan 25 April 2021. Antara dua pertandingan final itu, dilaksanakan perebutan tempat ketiga pada 24 April 2021.

Berikut ini regulasi semifinal dan final Piala Menpora 2021 yang perlu pembaca setia Bola.com ketahui, termasuk tidak adanya keuntungan gol tandang:

Regulasi

Dalam pasal-pasal yang tertuang di manual Piala Menpora 2021 disebutkan bahwa babak semifinal merupakan empat tim yang lolos dari babak perempat final.

Dilangsungkan sebanyak dua kali alias home and away, tidak berlalu peraturan gol tandang. Apabila dua tim yang bertanding di babak semifinal mencetak skor yang sama setelah bermain pada dua pertandingan (mis. 1-1, 2-2, dan seterusnya), tidak berlaku keuntungan gol tandang. Jika hal itu terjadi, maka pertandingan semfinal kedua langsung dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Sebab, venue yang digunakan bersifat semu. Misalnya, pada leg pertama semifinal per 15 April, di mana Persija Jakarta bakal bersua PSM Makassar, stadion yang digunakan adalah Maguwoharjo.

Pun dengan semifinal lainnya yang dihelat pada 16 April, venue yang dipakai adalah Stadion Maguwoharjo sekalipun bukan PSS Sleman yang lolos.

Sementara untuk leg kedua semifinal Piala Menpora 2021, akan digunakan Stadion Manahan, Solo.

Hal serupa juga terjadi pada babak final. Stadion Maguwoharjo di Sleman akan digunakan pada leg pertama, sedangkan Stadion Manahan jadi leg kedua, juga tanpa keuntungan gol tandang.

Sehingga, bisa dikatakan bahwa puncak dari turnamen Piala Menpora 2021 ini dihelat di Stadion Manahan. Scroll ke halaman berikutnya untuk mengetahui tanggal leg pertama dan kedua babak semifinal, dan leg pertama dan kedua babak final. Sebagai pengecualian, perebutan tempat ketiga digelar satu kali, di Stadion Manahan.

Babak Semifinal

Leg Pertama

15 April 2021 (SF1): Pemenang PF2 Vs Pemenang PF1 di Stadion Maguwoharjo
16 April 2021 (SF2): Pemenang PF43 Vs Pemenang PF4 Stadion Maguwoharjo

Leg Kedua

18 April 2021 (SF1): Pemenang PF1 Vs Pemenang PF2 di Stadion Manahan
19 April 2021 (SF2): Pemenang PF3 Vs Pemenang PF4 di Stadion Manahan