Robert Rene Alberts Tak Ingin Perjalanan Sepuluh Jam Persib Bandung Sia-Sia

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts berharap perjalanan selama sepuluh jam menuju Yogyakarta membuahkan hasil manis berupa kemenangan atas Persebaya Surabaya pada pertandingan perempat-final turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (11/4).

Tampil di perempat-final membuat Robert Alberts memasang target lebih tinggi di turnamen pramusim ini. Sebelumnya, Robert Alberts hanya menginginkan Piala Menpora sebagai kesempatan bagi pemain merasakan atmosfer pertandingan kompetitif yang sudah tidak dirasakan selama satu tahun.

Target itu mulai berubah setelah Persib meraih hasil meyakinkan sepanjang fase grup dengan torehan dua kemenangan dan sekali imbang. Robert Alberts kini menginginkan anak asuhnya melangkah ke semi-final.

“Kami telah melakukan perjalanan menggunakan bus selama sepuluh jam kemarin, dan saya pikir pemain tetap dalam kondisi bagus. Pertandingan melawan Persebaya ini akan berlangsung menarik,” ujar Robert Alberts.

“Kami menempuh perjalanan selama sepuluh jam bukan tanpa tujuan. Target kami ingin tetap bertahan di turnamen ini, dan melangkah ke semi-final. Target ini tidak hanya melawan Persebaya, tapi juga tim lain.”

Robert Alberts tetap mewaspadai Persebaya, meski calon lawan hanya bermaterikan pemain lokal. Menurut juru taktik asal Belanda tersebut, beberapa tim di Piala Menpora yang mengandalkan pemain lokal mampu membuat kejutan.

“Tidak ada keuntungan dengan penggunaan pemain asing, karena turnamen ini sudah menunjukkan hal itu. Tim yang memperlihatkan permainan bagus dan berkarakter di lapangan akan memenangi laga,” ucap Robert Alberts.

Hanya saja, Robert Alberts berharap agar wasit yang memimpin pertandingan nanti dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Sang pelatih merujuk kepada sejumlah keputusan pengadil lapangan, di antaranya duel antara Persik Kediri dan Persela Lamongan di Grup C.

“Belakangan banyak perbincangan mengenai kepemimpinan wasit. Persik Kediri yang seharusnya memperoleh penalti, tapi tidak mereka dapatkan. Ada tim lain yang juga semestinya mendapatkan penalti, tapi tidak juga. Saya kira ini menjadi masalah penting,” tutur Robert Alberts.

“Saya berharap kami mendapatkan wasit yang bagus, sehingga kedua tim bisa memperlihatkan performa terbaik di lapangan. Tim yang paling baik nantinya menjadi pemenang.”