Menit Main Bertambah, Syahrian Abimanyu Koleksi Kartu Kuning Pertama

Gelandang muda Indonesia Syahrian Abimanyu terpaksa menunda keinginannya merasakan kemenangan pertama di Liga Utama Australia (A-League) setelah Newcastle Jets menelan kekalahan 2-1 dari Melbourne Victory di Stadion McDonald Jones, Sabtu (10/4) siang WIB.

Pada laga keduanya di A-League, Syahrian mendapatkan menit bermain lebih banyak dibandingkan debutnya. Kala menjalani laga perdananya, Abi, sapaan Syahrian, baru dimainkan pada menit ke-89.

Namun pada pertandingan siang tadi, pelatih Craig Deans memasukkan Abi pada menit ke-84 menggantikan Luka Prso. Mantan penggawa Madura United terlihat bermain lebih agresif, terutama saat membantu timnya bertahan.

Permainan agresif ini membuahkan kartu kuning perdana bagi Abi di injury time. Hadiah kartu kuning diberikan kepada Abi setelah pemain berusia 21 tahun itu melakukan pelanggaran terhadap Birkan Kirdar.

Hasil yang diraih Jets ini tentunya mengecewakan, mengingat mereka mencatatkan rekor menelan kekalahan di tujuh pertandingan berturut-turut. Jets masih belum bisa lepas dari zona degradasi dengan menempati peringkat ke-11 klasemen sementara.

Di lain sisi, kemenangan atas Jets membuat Victory menyamakan perolehan 11 poin dengan lawannya itu. Victory berhasil memutus catatan buruk setelah di enam laga sebelumnya hanya mendapatkan satu imbang dan lima kekalahan.

Jets sebetulnya mengawali pertandingan dengan baik. Mereka mampu mengungguli lawannya lebih dulu. Bahkan mereka sudah mengungguli tamunya memasuki menit ke-18 ketika Valentino Yuel melepaskan umpan silang yang diselesaikan Apostolos Stamatelopoulos.

Namun keunggulan ini hanya bertahan di babak pertama saja. Victory mampu bangkit di paruh kedua, sehingga sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-48 melalui sundulan Dylan Ryan.

Jets sebetulnya bisa menjebol gawang Victory pada menit ke-52 melalui tandukan Yuel, tapi dianulir wasit setelah melihat video assistant referee (VAR). Berdasarkan tayangan di VAR, sebelum terjadinya proses gol, Stamatelopoulos berada dalam posisi off-side ketika Matthew Millar melepaskan umpan ke depan gawang.

Victory akhirnya berhasil mencetak gol kemenangan pada menit ke-79 melalui sepakan Lleyton Brooks menyambut umpan Lewis Lawrie-Lattanzio. Kekalahan ketujuh yang dialami Jets ini pun disambut cemoohan dari suporter yang hadir di stadion.