Duel Bintang Persib Vs Persebaya di Piala Menpora: Wander Luiz atau Samsul Arif, Mana Lebih Tajam?

Laga delapan besar Piala Menpora 2021 diwarnai duel beraroma final kepagian. Dua tim kuat juara, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya akan bentrok di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021).

Pertandingan bertajuk Perang Dulur itu diprediksi bakal berjalan sengit sejak menit awal. Pasalnya, Persib dan Persebaya sama-sama berstatus unggulan di Piala Menpora 2021.

Persib sukses menembus perempat final Piala Menpora sebagai juara Grup D dengan raihan tujuh poin. Adapun Persebaya merupakan runner-up Grup C dan juga mengoleksi tujuh angka.

Sering berjumpa dan saling mengalahkan sejak era kompetisi perserikatan, semakin menjadikan laga nanti dalam tensi yang cukup tinggi. Sedikit banyak dalam duel nanti ikut ditentukan oleh aksi pemain bintang di masing-masing tim.

Bola.com menempatkan nama Wander Luiz sebagai pemain kunci Persib, sedangkan Samsul Arif ada di kubu Persebaya.

Melihat penampilan kedua pemain tersebut sepanjang penyisihan grup Piala Menpora 2021, tidak salah duel Persib versus Persebaya menjadi pembuktian kehebatan di antara keduanya.

Wander Luiz merupakan bomber andalan Tim Maung Bandung setidaknya sejak gelaran Shopee Liga 1 2020. Pemain berpaspor Brasil itu juga mulai tampil garang pada fase grup Piala Menpora.

Khususnya saat pertandingan terakhir penyisihan grup, ketika Persib membungkam Persiraja Banda Aceh dengan skor 2-1. Dalam laga itu, Wander Luiz turut mencetak satu gol ke gawang Persiraja dan membantu Tim Maung Bandung lolos sebagai juara Grup D.

Bagi Wander Luiz, gol tersebut adalah yang perdana di turnamen pramusim tersbebut. Pemain berusia 29 tahun tersebut mulai menemukan ketajamannya sebagai pemain berbahaya di kotak penalti lawan.

Dalam dua laga sebelumnya, Wander Luiz masih beradaptasi sebagai juru gedor Persib Bandung, karena dampak terhentinya kompetisi. Ia sebenarnya punya modal sebagai pencetak gol terbanyak Persib pada musim lalu, namun kompetisi dihentikan akibat pandemi COVID-19.

Perlahan Wander Luiz menemukan permainan terbaiknya sebagai striker yang gesit, tajam, dan insting mematikan. Hal yang perlu diwaspadai dari sosok Luiz adalah gerakannya yang licin dan kuat ketika memanfaatkan peluang di pertahanan lawan, baik menggunakan kedua kaki ataupun kepalanya.

Para pemain bertahan Persebaya wajib mengawal Wander Luiz dengan ketat. Kembalinya bek tangguh Rachmat Irianto, diharapkan bisa menjadi lawan sepadan untuk Wander Luiz.

Sementara itu, Persebaya memiliki striker senior yang tak kalah tokcer. Samsul Arif Munip membuat keputusan tepat untuk bergabung dengan Bajul Ijo (julukan Persebaya).

Ia seperti kembali menemukan kekuatannya sebagai striker ulung, setelah beberapa musim terakhir redup. Bomber berusia 36 tahun itu tidak butuh waktu lama untuk nyetel bersama Persebaya.

Dua gol sudah ia catatkan selama membela Persebaya di Piala Menpora, yakni saat Persebaya mengandaskan Persik Kediri 2-1 pada laga pertama Grup C. Meski kedua golnya dihasilkan lewat titik putih, secara umum penampilan Samsul Arif di lini depan Persebaya cukup ampuh.

Ia diplot untuk menjadi suksesor striker asing Persebaya yang sudah hengkang seperti David Da Silva. Perannya cukup membawa dampak positif dan diandalkan sebagai ujung tombak.

Kolaborasinya dengan para gelandang kreatif dan enerjik menjadi senjata mematikan buat Persebaya. Praktisi deretan pemain belakang Persib yang dikomando Victor Igbonefo perlu bekerja keras menghentikannya.

Di sisi lain, pemain yang dijuluki Samsulgol oleh mendiang Suharno (eks pelatih Arema) itu juga pernah berkostum Persib pada 2016. Tentu bakal menjadi laga emosional bagi Samsul Arif bertemu mantan klubnya tersebut.