Didapuk Menjadi Manajer Tim RANS Cilegon FC, Hamka Hamzah Punya Role Mode di Dalam Dunia Sepak Bola

RANS Cilegon FC adalah tim Liga 2 Indonesia yang sebelumnya bernama Cilegon United.

Namanya diubah setelah artis papan atas Indonesia, dan temannya, Rudy Salim mengakusisi tim kebanggaan masyarakat, Cilegon, Banten ini.

Mantan bek Persita Tangerang, Hamka Hamzah, didapuk menjadi manajer tim sekaligus pemain RANS Cilegon FC.

Statusnya itu membuat Hamka menjadi pesepak bola kedua yang menjadi manajer tim sepak bola.

Ia mengikuti jejak Bambang Pamungkas yang sebelumnya dipercaya sebagai manajer Persija musim 2020.

Hanya saja, jejak yang diambil Hamka Hamzah berbeda.

Dirinya belum ingin gantung sepatu, sehingga dirinya menjadi pesepak bola pertama di Indonesia yang menjadi manajer tim sepak bola sekaligus menjadi pemain.

Jejak itu pula dapat menjadi role model bagi pesepak bola saat itu.

“Ini bagus juga buat mantan pemain, dimana tak melulu dari pemain menjadi pelatih, tetapi bisa pula menjadi manajer, seperti Bambang Pamungkas dan saya saat ini. Kan menjadi manajer juga digaji ya,” kata Hamka kepada Warta Kota.

Hamka berujar bahwa jejak mereka dapat pula diikuti oleh tim-tim sepak bola Indonesia, untuk memberikan peluang kepada legenda timnya untuk menjadi manajer atau pengurus di tim.

Sebagai manajer tim, pemain yang dikenal dengan nomor punggung 23 ini pun bertugas melakukan negoisasi pemain, termasuk mencari bibit-bibit baru pesepak bola untuk memperkuat timnya.

Fokus Tim Sendiri

Jadi manajer RANS Cilegon FC, Hamka disinyalir akan membuat derby Banten semakin panas.

Sebab, ada klub asal Banten lainnya yang tampil di Liga 2, yaitu Perserang Serang dan Dewa United.

Terkait itu, Hamka Hamzah angkat bicara.

“Kalau dari pemilik klub, tidak ada namanya big match atau derby. Kami ingin memberikan permainan terbaik, jika menang itu adalah bonus. Jadi, kami fokus pada permainan kami,” kata Hamka.

Sebagai manajer, Hamka Hamzah menjelaskan bahwa pihaknya membuka peluang kepada pemain-pemain muda untuk ikut seleksi di timnya, bahkan saking ketatnya, pemain dari skuad lama pun tetap diseleksi ketat.

Seleksi sendiri akan berlangsung hingga tenggat waktu sebelum puasa.

“Untuk latihan perdana tentu akan kami koordinasikan lagi dengan pengurus dan semua pemain diseleksi sesuai dengan kriteria saya, dan mengutamakan bibit-bibit muda,” ujar Hamka.