Tinggalkan Persipura, Valentino Telaubun ingin bantu Sriwijaya FC kembali ke Liga 1

Pemain sepak bola asal Maluku yang berposisi sebagai bek kiri, Valentino Telaubun telah meninggalkan Persipura Jayapura, setelah kontraknya tak diperpanjang manajemen. Telaubun kini berlabuh di klub Liga 2 asal Sumatera Selatan, Sriwijaya FC.

Telaubun menjadi satu-satunya pemain lokal yang meninggalkan klub Persipura menjelang Piala AFC dan kompetisi Liga 1 2021. Sebelumnya, Persipura Jayapura juga telah ditinggalkan tiga legiun asingnya, yakni Arthur Cunha da Rocha, Sylvano Comvalius dan Thiago Amaral.

Setelah resmi dipinang Sriwijaya FC, Telaubun menyampaikan rasa terima kasih kepada Persipura yang telah memberinya kesempatan berkarier di Liga 1 sejak 2018. Ia mengaku bangga pernah menjadi bagian dari Persipura yang menjadi kebanggaan masyarakat Papua.

“Iya, saya sudah tidak lagi di Persipura. Akan tetapim sebuah kebanggaan bagi saya bisa bergabung dengan Persipura selama 3 tahun. Terima kasih [kepada manajemen Persipura yang] telah menerima saya dengan baik. Saya bangga pernah memakai jersey merah-hitam yang selalu jadi kebanggan masyarakat Papua,” ujar Telaubun, Sabtu (3/4/2021).

Eks pemain Perseman Manokwari itu menuturkan alasannya menerima pinangan Sriwijaya FC. Telaubun bergabung dengan Sriwijaya FC, karena Laskar Wong Kito itu berambisi kembali naik ke kasta tertinggi kompetisi sepakbola Indonesia, Liga 1.

Telaubun menuturkan ia telah menekan kontrak untuk bermain bersama Sriwijaya FC selama setahun. “Sriwijaya FC serius sekali untuk kembali ke Liga 1. Maka itu, saya mau terima tawaran dari Sriwijaya, sementara untuk kontrak satu musim dulu,” bebernya.

Juru taktik tim Mutiara Hitam, Jacksen Tiago membenarkan jika Valentino Telaubun sudah meninggalkan Persipura. Dari daftar 26 pemain yang dimiliki Persipura saat ini, Telaubun tidak termasuk di dalamnya.

“Soal Valentino Telaubun, statusnya dia sudah tidak lagi gabung dengan kita di musim ini. Daftar nama-nama pemain kami sudah diumumkan,” kata Jacksen.

Pelatih asal Brasil ini mengaku sudah punya rencana untuk mengisi kekosongan posisi bek kiri yang ditinggalkan Telaubun. Selain menyiapkan Kevin Rumakiek untuk mengisi posisi itu, Jacksen juga mengklaim punya banyak stok pemain yang mampu bermain sebagai bek kiri.

“Sebenarnya ada kemungkinan kami mendapatkan tambahan satu pemain lagi di posisi tersebut. Akan tetapi, kami terkendala [masalah] finansial, sehingga kami [akan] manfaatkan pemain yang ada. Ada banyak pemain di posisi itu, Evraim, Kevin Rumakiek, serta pemain senior lain seperti Muhammad Tahir dan Ricardo Salampessy. Tinggal kita lihat momen dan kebutuhan tim,” pungkas Jacksen. (Tabloid Jubi)