Reza Kusuma Ungkap Perbedaan Berkompetisi di Spanyol dan Kroasia

Muhammad Reza Kusuma adalah salah satu pemain muda Indonesia yang kini sedang berkompetisi di klub Eropa.

Saat ini, pemain berusia 21 tahun itu berstatus sebagai anggota tim HNK Primorac, yang berkompetisi level 3 Liga Kroasia.

Sebelumnya, Reza juga pernah mengenyam pengalaman berkompetisi di Spanyol.

Pengagum Andres Iniesta ini pernah bermain dengan salah satu tim dari Kota Valencia untuk mengikuti kompetisi U-19 di Spanyol pada 2018.

Setelah itu, ia juga pernah bermain dengan Atletico Cristo yang berkompetisi di Tercera Division atau kasta keempat Liga Spanyol pada musim 2019-2020.

Pemain yang ke Kroasia dan Spanyol karena mengikuti program Vamos Indonesia itu pun menceritakan perbedaan berkompetisi di dua negara tersebut.

“Mungkin kalau di spanyol lebih ke taktik, karena di sana saya banyak berlatih teknik dan taktik. Sedangkan di Kroasia lebih ke arah fisik, karena postur pemainnya di Kroasia juga cukup besar-besar,” ucap Reza Kusuma, kepada Skor.id.

“Banyak pelajaran yang saya dapatkan dari berkompetisi di dua negara itu. Semuanya sangat saya butuhkan untuk menjadi pemain profesional yang baik,” ia menegaskan.

Lebih lanjut, Reza pun mengungkapkan tekadnya untuk bisa naik ke level kompetisi lebih tinggi pada musim depan.

Kontraknya bersama HNK Primorac akan berakhir pada akhir musim panas 2021 nanti.

“Untuk saat ini saya masih belum tahu akan lanjut atau tidak. Tapi tahun depan, kalau ada tawaran saya ingin main di Liga 1 atau Liga 2 Kroasia. Saya pun sering mengobrol dengan pelatih dan kapten tim bagaimana caranya agar bisa main di Liga 2,” ucap Reza.

Lebih lanjut, pemain yang bisa ke Kroasia lantaran mengikuti program dari Vamos Indonesia itu pun tidak menutup kemungkinan untuk bermain di kompetisi Asia.

“Kalau memang sudah mentok di Eropa, mungkin saya ingin main di Jepang atau Korea Selatan. Tapi saya ingin kerja keras dulu agar bisa menembus kompetisi level tinggi Eropa,” pemain jebolan SSB Mutiara Cempaka itu menegaskan.