Pelatih Ansan Greeners Tak Menyesal Ubah Posisi Asnawi Mangkualam Bahar

Pelatih Kim Gil-sik tidak menyesali keputusannya menempatkan di posisi penyerang sayap, sehingga tim besutannya bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Busan Ipark di Stadion Gudeok, Sabtu (3/4), pada pekan kelima 2 Korea Selatan.

Bermain sebagai penyerang sayap merupakan pengalaman baru bagi dalam karirnya. Selama berkarir di , baik di Makassar maupun , Asnawi beroperasi sebagai full-back kanan yang merupakan spesialisasinya.

Asnawi tampil sebagai starter, dan bermain selama 60 menit di laga melawan Busan. Mereka sempat unggul lebih dulu pada menit ke-42 melalui gol Geon Joo-choi. Namun tuan rumah menyamakan kedudukan lewat gol Jung Hoon-sung di menit ke-66.

“Saya bersyukur kami mendapatkan poin dalam pertandingan tandang. Serangan kami berjalan efektif seperti yang dilakukan di masa persiapan. Saya tidak terlalu senang dengan hasil akhir, tapi saya bersyukur pemain melakukan yang terbaik, dan tidak mau menyerah,” ujar Gil-sik dikutip Goal Korea Selatan.

“Tentunya akan sangat menyenangkan kalau kami bisa memenangi laga, tapi paling penting adalah bagaimana persiapan kami untuk menghadapi duel melawan Busan ini. Kami mampu membendung kekuatan lawan.

Gil-sik mengakui telah berjudi dalam mengambil keputusan mengubah komposisi pemain. Menurutnya, ia bisa mengubah formasi 3-4-3 tersebut di tengah pertandingan bergantung kepada situasi yang terjadi di lapangan.

Mengenai performa Asnawi di posisi penyerang sayap, Gil-sik mengaku cukup puas. Kendati demikian, Gil-sik menilai pemain berusia 21 tahun itu masih dapat dikembangkan di pertandingan-pertandingan berikutnya agar bisa lebih baik. Di laga ini, Asnawi tampl agresif dalam melakukan penetrasi, dan melepaskan sejumlah umpan terukur.

“Ini pertama kali saya mengubah komposisi pemain, tapi saya cukup percaya diri. Komposisi starter ini bisa berubah bergantung kepada situasi, tapi secara keseluruhan penampilannya bagus,” ucap Gil-sik.

“Itu (penyerang sayap) memang bukan posisi aslinya, tapi bukan suatu masalah. Saya berharap dia dapat cepat beradaptasi dengan K League 2 melalui pertandingan-pertandingan yang dia jalani, dan bisa bermain lebih baik lagi.

Hasil imbang tidak mengubah posisi Ansan di peringkat dua klasemen sementara dengan delapan. Ansan selanjutnya akan menjamu Jeonnam Dragon. Gil-sik menargetkan kemenangan dalam laga kandang.

“Saya selalu menginginkan kami tidak kalah di kandang. Saya tentunya akan menyiapkan tim dengan baik agar kami mendapatkan kemenangan,” tegas Gil-sik.

Berita Terkait