7 Pemain Muda Yang Sukses Unjuk Gigi di Piala Menpora 2021

Turnamen pra-musim Piala Menpora 2021 menjadi ajang bagi tim-tim Liga 1 untuk mempersiapkan diri menjelang bergulirnya kompetisi musim 2021 yang dijadwalkan akan dimulai pada bulan Juni mendatang.

Selain mematangkan skema taktik bagi pelatih, para pemain muda pun banyak mendapat kesempatan untuk unjuk gigi pada ajang ini.

Beberapa nama, kualitasnya memang sudah tak asing lagi bagi kita. Dimana mereka sudah sering beraksi bersama di berbagai level usia.

Kami merangkum setidaknya tujuh nama pemain muda (u-23) yang tampil konsisten dan cukup impresif. Pelatih , Shin Tae Yong bisa mempertimbangkan untuk mencoba beberapa nama berikut atau bahkan mempromosikannya ke skuat senior.

1. Pratama Arhan ()

Bek kiri PSIS Semarang ini sudah unjuk gigi bersama Timnas U-19 sejak melangsungkan pemusatan latihan di Eropa beberapa waktu lalu. Dalam tiga laga fase grup ia selalu tampil bersama Mahesa Jenar, bahkan mencetak gol melalui tendangan bebas.

Permainan Arhan menujukan bahwa ia adalah seorang full-back modern, mampu bertahan dan aktif menyerang. Keunggulan utama pemain berusia 19 tahun ini tentu saja kecepatan dan juga lemparan ke dalam yang cukup jauh.

Tak heran jika dalam waktu dekat ia busa mengikuti jejak rekan setimnya di timnas u-19, yakni Brylian Aldama atau untuk melanjutkan karir di Eropa.

2. Yakob Sayuri (PSM Makassar)

Pemain kelahiran Yapen 23 tahun lalu ini menjadi aktor keberhasilan PSM untuk lolos ke babak 8 besar Piala Menpora. Ia menjalani musim kedua di Juku Eja, dimana pada musim lalu ia tak bisa unjuk gigi lantaran penangguhan Liga 1 akibat pandemi.

Tahun ini diprediksi Yakob akan berperan lebih sering di sektor sayap PSM. Masing-masing dua gol dan assist berhasil ia cetak di babak fase grup.

Shin Tae Yong pun sudah menyadari bakat Yakob dan memanggilnya ke pemusatan latihan Timnas untuk 2021 bulan Februari lalu.

3. Muhamad Firli (Barito Putera)

Pemain berusia 21 tahun ini menjadi andalan Barito di jantung pertahanan mereka.Firly berduet dengan bek asal Brasil, Cassio de Jesus.

Ia menjadi penentu kemenangan tim atas Persikabo 1973, sekaligus membawa Laskar Antasari lolos 8 besar Piala Menpora 2021.

Bahkan pelatih Barito, Djajang Nurjaman, menyampaikan bahwa, Firly merupakan salah satu pemain yang menunjukkan peningkatan progres dari waktu ke waktu.

Bersama Barito U-20, dirinya memainkan peran sebagai gelandang bertahan. Ketenangannya dalam bermain menjadi salah satu keunggulan pemain kelahiran Depok ini.

4. Farrel Arya (PSIS Semarang)

Kepercayaan pelatih dibayar tuntas oleh Farrel Arya Trisandika jebolan PSIS akademi U-20 yang dipercaya tampil sebagai starter pada laga PSIS Semarang versus . Ia mencetak gol dalam laga itu.

Tak berhenti di situ, Farrel kembali berjasa di gol kedua PSIS setelah ia memberi assist ke untuk memperbesar keunggulan PSIS di menit ke-26.

Farrel merupakann pemain jebolan PPLP Jawa Tengah, dan membela PSIS tentu merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan bagi seorang putra daerah.

5. Kevy Syahertian ()

Striker asal Malang berusia 21 tahun ini beberapa kali mendapat kesempatan tampil di Piala Menpora.

Kevy merupakan pemain jebolan dari Madura United U-20 yang dipromosikan. Ia juga sempat mencuri perhatian pada turnamen Piala Gubernur Jatim 2020. Ketika itu, Kevy yang baru berusia 20 tahun dimainkan pelatih Madura United, , pada laga melawan Persik Kediri.

Diturunkan sebagai pemain pengganti, Kevy berhasil mencetak gol penentu kemenangan Laskar Sapeh Kerrab sehingga berhasil menang dengan skor tipis 1-0.

6. Luthfi Kamal (Barito Putera)

Jenderal lini tengah atau memiliki peran sebagai box to box, namanya tak asing karena Lutfi pernah menjadi andalan Timnas U-19 era Indra Sjafri.

Sebelum gabung Barito tahun ini, pemain asal Jakarta ini sudah mencicipi menit bermain di Mitra Kukar dan juga PS Sleman. Luthfi memiliki keunggulan dalam hal operan dan juga stamina yang baik.

Dengan usianya yang masih 22 tahun, perjalanan Luthfi masih panjang. Konsistensi tentu menjadi pekerjaan utamanya dalam bermain.

7. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

Salah satu bek tengah berbakat yang ada di Indonesia saat ini. Ia adalah putra dari legenda Persebaya, Bejo Sugiantoro.

Walau masih 21 tahun ia sudah ditunjuk sebagai kapten Persebaya. Rian panggilan akrabnya juga menjadi langganan Timnas sejak U-19 dan saat ini U-23.

Berita Terkait

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.