Jelang Delapan Besar, Persija Bolak-Balik Malang & Jakarta

Meski bakal menjalankan pertandingan perempat-final turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan Malang, Persija Jakarta lebih memilih menggelar latihan di Lapangan NYTC Sawangan, Depok.

Keputusan yang diambil manajemen Persija ini cukup unik, mengingat mereka menjalani pertandingan fase grup di Stadion Kanjuruhan. Persija menjalani laga terakhir fase grup, Rabu (31/3).

Di lain sisi, Stadion Kanjuruhan juga akan dipakai untuk menggelar pertandingan perempat-final antara Persija dan Barito Putera pada 10 April. Kebijakan itu membuat pemain Persija harus bolak-balik antara Malang dan Jakarta.

Namun manajemen mempunyai alasan tersendiri dalam mengambil kebijakan tersebut. Pelatih Sudirman mengatakan, pemain diberikan libur tiga hari agar mereka bisa berkumpul dengan keluarga.

“Tim kami liburkan selama tiga hari agar mereka bisa refreshing, dan berkumpul bersama keluarga. Hal ini saya rasa penting untuk memperbaiki psikologis pemain sebelum kembali berkumpul pada hari Minggu [4/4] nanti untuk kembali fokus latihan,” ujar Sudirman dilansir laman resmi klub.

Kendati harus bolak-balik antara Malang dan Jakarta, Sudirman menegaskan tim besutannya bakal siap menghadapi laga perempat-final. Menururt Sudirman, rentang waktu antara laga terakhir fase grup dan perempat-final dimaksimalkan untuk memperbaiki kekurangan tim.

Selain itu, tim pelatih Persija juga akan lebih fokus dalam menyiapkan skema permainan melawan Barito Putera. Staf pelatih Persija kini sedang mempelajari kekuatan calon lawannya tersebut.

“Kami sudah mengevaluasi pertandingan Barito dari beberapa rekaman pertandingannya. Mereka tim yang bagus dengan permainan agresif dan kolektif. Saya dan tim pelatih lainnya akan mempersiapkan strategi terbaik untuk mulai kami terapkan di sesi latihan nanti,” papar Sudirman.

Persija lolos ke perempat-final dengan status juara Grup B, sehingga menghadapi Barito Putera yang melaju ke Delapan Besar setelah tampil sebagai runner-up Grup A. Dari tiga pertandingan, Persija mendapatkan dua kemenangan dan satu kekalahan.

Namun Persija belum bisa memastikan salah satu palang pintu asingnya, Marco Motta, dapat tampil di pertandingan nanti. Motta saat ini harus beristirahat selama dua pekan untuk memulihkan cedera ringan pada tungkai atas bagian dalam.