Syahrian Abimanyu Buka Peluang Debut Bersama Newcastle Jets

Penantian melakoni debut bersama mulai terbuka. Pelatih menyiapkan gelandang muda ini untuk pertandingan lanjutan Liga Utama Australia (A-LEague) 2021 melawan Western , Senin (5/4).

Syahrian sudah mengikuti latihan tim sejak Februari sejak dipinjam dari klub (). Deans sempat menilai kondisi Syahrian belum memenuhi standar tim, sehingga masih perlu waktu untuk meningkatkan kondisi dan performanya.

Seiring berjalannya waktu, Deans tidak menutup kemungkinan memberikan kesempatan kepada Abi, sapaan Syahrian, menjalani debutnya. Seperti halnya ketika Liridon Krasniqi, rekan Abi yang dipinjam dari Johor Darul Takzim, Deans akan menempatkan sang pemain di bangku cadangan.

Dalam debutnya, Krasniqi mencicipi atmosfer sepakbola Australia lima menit sebelum laga berakhir. Deans kemungkinan menerapkan kebijakan serupa untuk pemain berusia 21 tahun ini.

“Tidak ada pemain yang cedera serius, tapi kami ingin melihat secara keseluruhan hingga sesi latihan Sabtu. Abi sudah latihan penuh selama empat sampai lima minggu, dan kondisinya makin dekat dengan yang kami harapkan,” ujar Deans melalui laman resmi klub.

“Saya mempertimbangkan mengenai kemungkinan dia memulai pertandingan dari bangku cadangan. Dia sudah memperlihatkan performa yang bagus di sesi latihan dalam beberapa pekan terakhir. Kebugarannya juga makin mendekati standar yang kami inginkan.”

Meski Jets sedang berusaha melepaskan diri dari papan bawah klasemen sementara, Deans ingin memberikan warna baru dengan menurunkan seluruh pemain yang ada di tim. Menurut Deans, gaya permainan Abi yang berbeda akan memberikan warna tersendiri.

Selain itu, Deans tidak ingin mengandalkan pemain tertentu di tiap pertandingan. Sang pelatih menginginkan seluruh pemain memikul tanggung jawab yang sama terhadap tim dengan memperlihatkan performa bagus.

“Dia punya sesuatu yang beda. Dia bisa menjadi salah satu opsi [dimainkan] dari bangku cadangan. Kami tidak ingin mengandalkan pemain yang sama di tiap pertandingan. Saya ingin melihat pemain dari The Blue yang bisa mengemban tanggung jawab,” imbuh Deans.

“Lebih cepat kami mempunyai pemain yang merasa nyaman dan percaya diri untuk menjalankan tanggung jawabnya, itu akan sangat bagus buat tim secara keseluruhan. Kami ingin semua pemain melakukan tanggung jawab mereka.”

Dalam sesi tanya-jawab dengan fans sehari sebelumnya, Deans sudah memberikan sinyal bakal memainkan Abi. Ia menilai Abi sudah mulai nyaman tinggal di Newcastle. Menurut Deans, Abi bersama Krasniqi menikmati kehidupan di kota di salah satu pesisir pantai Australia tersebut.

“Mereka bisa menyesuaikan diri dengan suasana [kota] Newcastle, menikmati kehidupan di pantai dan kota ini. Mereka datang ke tempat latihan dengan senyum di wajah,” ucap Deans.

“Abi dan Liri [sapaan Krasniqi] datang ke sini untuk kembali merasakan sepakbola yang sudah tidak mereka peroleh selama beberapa bulan. Mereka kini berusaha keras mendapatkan tempatnya.”

Berita Terkait