Komentar Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong Soal Debut Asnawi Mangkualam Bahar Di Ansan Greeners

Kendati sedang menjalani perawatan terkait penyakit kronisnya, pelatih tidak melewatkan kesempatan menyaksikan penampilan ketika menjalani debut bersama pada akhir pekan kemarin.

Tae-yong saat ini berada di Korea Selatan untuk menyembuhkan penyakitnya setelah dinyatakan sembuh dari virus Corona. Kepulangan Tae-yong dilakukan satu hari sebelum memulai debut di pertandingan babak kedua Piala FA melawan klub 4, Yangpyeong FC.

Dalam laga itu, Asnawi memperlihatkan performa yang dinilai cukup mengesankan bagi staf pelatih Ansan. Pemain berusia 29 tahun ini juga terlihat beberapa kali aktif membantu pertahanan dengan kecepatannya, meski tidak luput membuat kesalahan.

“Dia seorang pemain yang tidak hanya mempunyai skill bagus, tapi juga kekuatan fisik, mental tangguh. Itu sesuatu yang jarang dimiliki pemain Indonesia,” ucap Tae-yong dikutip laman Chosun Ilbo.

“Mengingat itu merupakan debutnya, wajar hika masih ada beberapa kesalahan. Tapi itu merupakan debut yang bisa dibilang dapat dia lalui dengan baik.”

Sedangkan Asnawi mengutarakan, debutnya di Korsel membuat ia makin percaya diri menatap rangkaian pertandingan K League 2 berikutnya. Menurut Asnawi, ia akan mengasah spesialisasinya agar makin mendapat kepercayaan dari pelatih .

“Saya akan terus berusaha meningkatkan performa di tiap pertandingan, dan mengembangkan kemampuan yang saya anggap saya kuasai dengan baik. Saya ingin membantu tim promosi ke K League 1 melalui assist sebanyak mungkin,” ucap Asnawi dinukil laman Nuri Ilbo.

Di lain sisi, debut Asnawi bersama Ansan disambut fans sepakbola nasional dengan luar biasa. Instagram resmi klub kini sudah menembus angka 30 ribu. Sebelum Asnawi datang, jumlah itu hanya berkisar di angka 5.000.

Ketika Ansan memperlihatkan foto dan nama Asnawi dalam daftar susunan pemain starter melawan Yangpyeong, sedikitnya 1.000 orang langsung memberikan komentar, dan mendapat like sekitar 12 ribu.

“Suporter Indonesia memberikan dukungan yang besar. Saya sering melakukan video call dengan keluarga. Saya merasa bersyukur mendapat dukungan dari fans melalui media sosial,” ucap Asnawi.

Berita Terkait