Pelatih Arema: Kalau Kritik Hanya untuk Merendahkan, Silakan Datang Saya Tunggu

Performa Arema FC yang ditangani Kuncoro belakangan mendapatkan sorotan tajam.

Dua hasil minor yang didapatkan Singo Edan pada Piala Menpora 2021 mematik cibiran pedas dari Aremania dan bertebaran di dunia maya.

Dari dua laga itu, Singo Edan belum meraih kemenangan, yakni imbang 1-1 melawan Persikabo dan kalah 1-2 dari Barito Putera.

Banyak yang mengkritik Kuncoro masih belum layak untuk duduk di kursi pelatih kepala.

Menanggapi banyaknya cibiran tersebut, Kuncoro sebenarnya tidak ambil pusing. Namun, bukan berarti dia tutup telinga dengan kritik yang dilontarkan.

Dia mengungkapkan akan dengan senang hati menerima kritik, asal itu demi kebaikan performa tim ke depannya.

Namun, dia bisa membedakan mana kritik yang bisa membangun dan mana kritik yang hanya sekadar menghina atau merendahkan.

Dia mengatakan tidak ada tempat bagi komentar-komentar semacam itu di Arema FC.

Kuncoro pun menantang oknum-oknum yang berlindung di akun bodong untuk melontarkan cibiran yang dianggap kritik tersebut langsung di depan mukanya.

“Saya tidak pernah ambil pusing dengan nada sumbang di medsos. Mungkin kalau kritik yang membangun seperti menjabarkan kekurangan tim itu bagus,” ucapnya.

“Namun, kalau hanya sekadar menghina atau merendahkan silakan datang saja langsung kepada saya, saya meladeni mereka,” tutur pelatih berusia 48 tahun.

“Tidak ada masalah, kami sama-sama Arek Malang tidak ada basa-basi,” ujarnya.

“Saya bukannya sombong, tetapi kalau memang kritik hanya untuk digunakan untuk merendahkan, ya silakan datang langsung ke latihan, saya tunggu. Itu pesan saya untuk akun-akun yang mencla-mencle (bodong),” katanya.

Kuncoro mengungkapkan di balik layar sebenarnya banyak sekali mendapat kritik atas kepemimpinannya, di antaranya dilontarkan oleh beberapa tokoh Aremania yang berada di Malang.

Dia justru senang dan menganggap kritik tersebut sebagai tanda cinta karena memberikan banyak wawasan untuk menjadikan Singo Edan lebih baik.

“Kalau memang ada yang memberikan kritik yang membangun dan disampaikan dengan cara yang baik dan benar saya justru sangat salut,” tuturnya.

“Jadi kemarin saya juga sempat dihubungi beberapa tokoh Aremania. Mereka memberikan kritik mengenai permainan dan hal-hal yang perlu dibenahi dan saya pun respek menerima masukkan tersebut, itu jadi evaluasi untuk tim,” katanya. (kompas.com)