Persebaya Waspadai Mental Madura United Yang Mampu Comeback Saat Melawan PSS

Derbi Suramadu bakal tersaji dalam matchday kedua Grup C Piala Menpora 2021. Madura United dijadwalkan berhadapan dengan Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu malam (28/3/2021).

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menyoroti hasil positif yang didapat oleh Madura United dalam matchday pertama saat menang 2-1 atas PSS Sleman, Selasa (23/3/2021). Di laga itu, Laskar Sape Kerap sempat tertinggal dulu meski akhirnya menang.

Dari situ, Aji menilai bahwa para pemain Madura United memiliki mental bertanding yang kuat sehingga mampu membalikkan kedudukan. Dia menilai mental itu menjadi hal yang harus diwaspadai oleh timnya.

“Saya lihat dalam pertandingan pertama melawan PSS Sleman. Saya lihat tim Madura United ini memiliki kekuatan mental yang cukup bagus,” ungkap pelatih asli Malang itu dalam jumpa pers sebelum laga, Sabtu (27/3/2021).

Madura United tertinggal 0-1 dan di babak kedua akhirnya bisa membalikkan keadaan, sehingga unggul 2-1. Salah satu yang menjadi perhatian kami adalah kekuatan mental lawan,” imbuh arsitek tim berlisensi AFC Pro. 2 dari 5 halaman


Semua Pemain dalam Kondisi Siap Tempur

Sebenarnya, hal yang sama terjadi pada Persebaya saat menang 2-1 atas Persik Kediri di hari yang sama. Persebaya malah melakukannya dengan lebih apik lantaran bermain dengan 10 personel sejak menit ke-35 dan tidak memiliki pemain asing.

Madura United tentu memiliki materi pemain yang lebih baik dibanding dengan Persebaya menjelang duel ini. Selain pemain asing, Laskar Sape Kerap juga mengandalkan pemain senior yang lebih berpengalaman.

Meski demikian, Aji memandang bahwa mental bertanding itu menjadi faktor penting buat sebuah tim untuk memenangi pertandingan. Dalam kondisi tertingggal dan tertekan, bukan hal yang mudah untuk bisa mencetak gol.

“Kami melakukan persiapan terakhir tadi pagi dalam menghadapi pertandingan kedua Piala Menpora melawan Madura United. Saya pikir semua pemain dalam kondisi yang baik. Mudah-mudahan, bisa tampil maksimal besok malam,” ucap Aji Santoso.