Pelatih Persija Sebut Pemainnya Sempat Terbebani Sebelum Laga

Pelatih Persija Jakarta Sudirman merasa lega setelah tim besutannya mampu memetik kemenangan telak 4-0 atas Borneo FC pada matchday kedua Grup B turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (27/3) malam WIB.

Persija memang membawa beban tersendiri menghadapi pertandingan ini. Itu sebagai buntut kekalahan 2-0 dari PSM Makassar pada laga perdana, sehingga mematik kecaman dari suporternya.

Bukan itu saja, petinggi klub juga merasa gusar dengan kekalahan tersebut. Presiden Persija Mohamad Prapanca tidak mempermasalahkan kekalahan, namun itu tidak diperoleh lewat penampilan yang sangat buruk. Prapanca juga menyatakan pemain Persija harus malu dengan penampilan di laga perdana.

Menurut Sudirman, kecaman bertubi-tubi itu sempat membuat pemain merasa terbebani menjalani pertandingan. Apalagi duel ini sangat menentukan nasib mereka, karena pada laga sebelumnya PSM Makassar dan Bhayangkara FC bermain imbang 1-1.

“Saya ucapkan syukur alhamdulillah atas kemenangan yang kami raih malam ini. Memang laga ini sangat menentukan, karena sebelumnya kami dapat hasil yang kurang baik. Bagaimanapun, kalau kami mau melangkah ke babak selanjutnya, laga ini harus dimenangkan,” tutur Sudirman.

“Target kami malam ini mungkin menjadi beban di awal pertandingan. Setelah kami cetak gol, saya pikir pemain mulai lepas. Memang ada beberapa peluang yang kami dapat, tapi secara keseluruhan saya bangga dengan kinerja anak-anak.”

Sudirman juga memberikan pujian kepada bek asal Brasil Yann Motta Pinto yang turut menyumbang satu gol melalui skema set-piece. Sebelumnya, Yann Motta menjadi sasaran cacian suporter Persija akibat blundernya yang membuat PSM menggandakan keunggulan.

“Saya pikir Yann Motta punya potensi jadi pemain bagus. Pertandingan pertama itu membuat dia kecewa. Saya tahu dia sedih. Tapi, hari ini dia buat gol, berarti dia sudah melupakan kekalahan kemarin, sehingga bisa mian baik,” jelas Sudirman.

Sudirman kembali memainkan Riko Simanjuntak dari bangku cadangan seperti halnya di laga perdana. Sudirman menyatakan, ia mempunyai alasan tersendiri mengambil kebijakan tersebut.

“Riko belum pada top performanya, karena dia baru gabung latihan seminggu sebelum kami ke sini. Hari ini kami cadangkan dia supaya tidak cedera. Berikutnya mungkin fisiknya sudah baik, dan akan diturunkan lagi [sebagai starter],” beber Sudirman.