Pemkot Makassar Siapkan 6 Hektar Lahan untuk Stadion Baru

Pemerintah Kota Makassar mengusulkan pembangunan dipindah lokasinya. Ada 6 hektar lahan Pemkot yang disiapkan.

Di kawasan Untia, Biringkanaya Makassar, Pemkot mengusulkan sebagai lokasi baru Stadion Andi Mattalatta.

“Usulan tentang Stadion itu layak sekali di (Untia) karena kapasitasnya besar sekali, nanti sampai ke Pelabuhan itu, di sana PIP,” kata Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, dikonfirmasi, Jumat (26/3/2021).

Danny menjelaskan ada 18 hektar lahan milik Pemerintah Kota Makassar di kawasan tersebut, pihaknya menyiapkan 6 hektar untuk stadion. Lokasi ini dianggap sangat layak dibangun stadion lantaran bisa terhubung langsung ke Makassar New Port hingga Lantebung.

“Ini sampai di Pelabuhan, baru tembus Lantembung dan Makassar New Port. Kalau saya usul tentang Stadion di sini sangat layak, stadion itu butuh 6 hektar kita 18 hektar lahan disini,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyebut ada jalan sepanjang 2,8 kilometer yang juga disiapkan, belum lagi terhubung dengan kereta api dari Maros.

“Jalan sampai disini 2,8 kilometer, termasuk kereta api, nanti dari Maros masuk disini,” terangnya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Pomanto, meminta agar izin analisa dampak lingkungan (Amdal) lalu lintas (Lalin) Stadion Andi Mattalatta dievaluasi.

Alasannya, pembangunan Stadion Andi Mattalatta belum memiliki izin peruntukan hingga IMB.

“Amdal (analisa dampak lingkungan) bukan salah satu persyaratan membangun (Stadion) tetapi harus ada namanya, Advice Planning (AP), izin peruntukan tepat atau tidak itu belum ada apalagi IMB,” kata Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, dikonfirmasi di Gedung DPRD Kota Makassar, Selasa (2/3/2021).

Berita Terkait