Andik Vermansah dan Renan Silva Berduet di Lini Depan Bhayangkara, Ini Kata Paul Munster

Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster, tak menurunkan striker murni saat melawan Borneo FC pada laga Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (22/3/2021).

Paul Munster justru memainkan Andik Vermansah dan Renan Silva di lini depan Bhayangkara FC.

Padahal, sejatinya, Andik Vermansah dan Renan Silva bukanlah seorang striker murni. Andik biasa bermain sebagai winger, sedangkan Renan bermain di posisi gelandang serang.

“Laga pertama ini Andik dan Renan Silva berpasangan sebagai striker. Mereka memiliki peluangnya masing-masing,” kata Paul Munster.

Eks-pelatih timnas Vanuatu itu memiliki alasan tersendiri mengenai keputusannya tak memasang striker murni di sektor penyerangan Bhayangkara FC.

Keberhasilan manajemen klub berjulukan The Guardian mendapatkan pemain-pemain yang diinginkan pelatih, membuat Paul Munster bergerak leluasa menentukan strategi dan komposisi pemain.

“Saya sudah mendapatkan pemain-pemain yang saya inginkan. Jadi saya dapat membuat penyesuaian tentang bagaimana memberi peran pada pemain-pemain tersebut,” kata Munster.

Pelatih asal Irlandia Utara itu mendorong Andik untuk dapat bermain di posisi ujung tombak. Hasilnya pun tak mengecewakan tim Bhayangkara FC.

“Dulu saya juga striker, jadi saya dapat memberikan masukan-masukan kepada Andik untuk bermain sebagai striker,” ujarnya.

Meski Andik dan Renan Silva tampil bagus, Paul Munster menekankan pentingnya naluri mencetak gol yang seharusnya dimiliki seorang striker.

“Tapi saya ingin striker dapat mencetak gol karena tugas seorang striker adalah mencetak gol,” pelatih berusia 39 tahun itu menegaskan.

Seperti diketahui, pada laga ini Bhayangkara Solo FC hanya menang tipis 1-0. Gol tunggal dicetak Alsan Sanda ketika laga baru berjalan tiga menit.

Paul Munster pun tak menutup peluang bagi pemain-pemain depan Bhayangkara FC lainnya agar lebih kompetitif untuk mendapatkan posisi starter.