PSSI Akan Pastikan Kebenaran Kabar 4 Asisten Shin Tae-yong yang Juga Positif COVID-19

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan bahwa empat asistennya, Kim Hae-woon, Lee Jae-hong, Kim Woo-jae, dan Yoo Jae-hoon sempat positif COVID-19 pada awal Maret 2021. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, belum dapat memastikan kabar tersebut dan akan mengeceknya lagi dalam waktu dekat.

Shin Tae-yong buka-bukaan dengan kondisinya dan para asistennya di Timnas Indonesia kepada media Korea Selatan, Yonhap pada Sabtu (20/3/2021).

Shin Tae-yong mengakui bahwa ia mengidap COVID-19 setelah mengalami gejala demam berkelanjutan, sakit tenggorokan, dan kehilangan nafsu makan dalam dua pekan belakangan.

Selain itu, Shin Tae-yong menuturkan bahwa empat asistennya itu pernah terpapar COVID-19 pada awal bulan ini atau ketika pemusatan latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 masih berlangsung.

Diawali oleh terjangkitnya Kim Hae-woon dan Yoo Jae-hoon pada 5 Maret 2021, disusul Lee Jae-hong dua hari berselang. Shin Tae-yong juga menyinggung nama Kim Woo-jae sebagai asitennya yang positif COVID-19.

“Saya belum bisa memastikan terkait kabar asistennya itu. Tapi untuk Shin Tae-yong yang positif COVID-19, saya sudah langsung berbicara dengannya. Saya belum memastikan soal asistennya itu, nanti saya cek lagi,” kata Mochamad Iriawan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/3/2021).

Dalam narasi pada pemberitaan Shin Tae-yong yang positif COVID-19, Yonhap menuliskan bahwa para asisten pelatih Shin Tae-yong itu bergantian terpapar COVID-19.

“Akhir tahun lalu, Shin Tae-yong dan para asistennya berangkat ke Salou, Spanyol bersama para pemain Timnas Indonesia U-19 untuk menggelar pemusatan latihan,” tulis Yonhap.

“Sambil melanjutkan pemusatan latihan dan gim internal di Jakarta, mereka secara bergantian terjangkit virus corona.”

“Dimulai dari penerjemah, Yoo Jae-hoon dan asisten Kim Hae-woon pada 5 Maret 2021. Pelatih fisik, Lee Jae-hong, dikonfirmasi positif COVID-19 pada 7 Maret 2021,” lanjut narasi tersebut.

Saat ini, Shin Tae-yong memastikan bahwa empat tangannya itu telah pulih dari virus corona.

“Lalu ada Kim Woo-jae, yang telah dinyatakan negatif saat ini. Asisten pelatih lainnya pun telah pulih dari COVID-19 dan mengonfirmasi status mereka negatif COVID-19,” imbuh Shin Tae-yong.