Kronologi Shin Tae-yong Dinyatakan Positif Covid-19, Plt Sekjen PSSI Ambil Contoh Ronaldo

Pelatih , , dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Laporan Shin Tae-yong positif Covid-19 disampaikan oleh pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI, , pada Sabtu (20/3/2021).

Menurut pernyataan Yunus Nusi, Shin Tae-yong dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diketahui pada satu hari sebelumnya, Jumat (19/3/2021) malam WIB.

PSSI selaku induk sepak bola Tanah Air mengatakan bahwa Shin Tae-yong tidak menunjukkan gejala yang berlebihan.

Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan disebut masih berkomunikasi secara virtual dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, pada Jumat (19/3/2021) malam WIB.

Berikut Kronologi Shin Tae-yong dinyatakan positif Covid-19:
1. Sempat negatif berdasarkan hasil swab antigen

Shin Tae-yong sejatinya sempat dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil swab antigen yang dilakukan seusai pemusatan latihan , Senin (8/3/2021).

Kala itu, Shin Tae-yong menjalani tes bersama para pemain serta ofisial timnas Indonesia yang lain, dan hasilnya negatif.

Dengan demikian, para pemain, ofisial, dan pelatih, termasuk Shin Tae-yong, diperbolehkan kembali ke kediaman serta klub masing-masing.

“Jadi, ketika pemain kami pulangkan ke klub masing-masing pada Senin (8/3/2021), tidak ada satu pun pemain yang positif. Itu karena sebelum pulang mereka sudah swab antigen,” tutur Yunus Nusi.

2. Shin Tae-yong mengeluh tidak enak badan

Setelah itu, Shin Tae-yong dilaporkan merasa tidak enak badan dan menyampaikan kondisinya kepada dokter timnas pada Kamis (18/3/2021).
3. Shin Tae-yong menjalani swab PCR

Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-23 (kiri) memberikan instruksi kepada para pemainnya saat melawan kesebelasan dalam pertandingan uji coba di Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/3/2021). Pertandingan dimenangkan Timnas U-23 dengan skor 3-1.

Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-23 Shin Tae Yong (kiri) memberikan instruksi kepada para pemainnya saat melawan kesebelasan Bali United dalam pertandingan uji coba di Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/3/2021). Pertandingan dimenangkan Timnas U-23 dengan skor 3-1.(ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Berdasarkan arahan Ketua Umum PSSI, , dokter timnas kemudian melakukan swab PCR terhadap Shin Tae-yong yang hasilnya baru keluar pada Jumat (19/3/2021) malam WIB.

Berdasarkan hasil swab PCR tersebutlah Shin Tae-yong diketahui positif terjangkit virus corona.

“Pada awalnya Shin Tae-yong mengaku tidak enak badan pada Kamis (18/3/2021). Kemudian atas arahan Ketua Umum PSSI, yang bersangkutan melakukan swab PCR. Hasilnya baru keluar pada Jumat (19/3/2021) malam,” kata Yunus Nusi.

3. Plt Sekjen PSSI sempat membantah

Yunus Nusi selaku Plt Sekjen PSSI sempat membantah meski pada akhirnya menjadi pihak yang mengumumkan Shin Tae-yong positif Covid-19.

Bantahan itu ia utarakan saat kabar Shin Tae-yong positif Covid-19 mulai terdengar (sebelum ada pernyataan resmi).

Yunus Nusi bahkan sempat menyebut kabar tersebut sebagai fitnah karena Shin Tae-yong awalnya berencana pergi ke Solo untuk memantau pemain pada 2021.

“Wong (orang) minggu rencananya akan ke Solo untuk memantau pemain (di Piala Menpora). Dosa loh kalau menyebarkan fitnah,” ujar Yunus Nusi kepada BolaSport.com, Jumat (19/3/2021).

“Tidak lah. Sudah pasti hoax itu. Orang rencananya dia mau ke Solo juga. Mereka ini lho senang banget nyebar fitnah,” kata Yunus Nusi.

“Semoga yang menyebar fitnah beserta keluarganya dijauhkan dari Covid-19,” imbuh dia.

4. Shin Tae-yong resmi dinyatakan positif Covid-19

Setelah sempat membantah, barulah Yunus Nusi mengumumkan bahwa Shin Tae-yong positif Covid-19 pada Sabtu (20/3/2021) siang WIB.

Dalam pernyataannya, Yunus Nusi meyakini Shin Tae-yong bisa pulih dalam waktu dekat.

Dalam hal ini, dia mengambil contoh beberapa pemain dan pelatih seperti Cristiano Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic, hingga Mikel Arteta, yang sempat terjangkit virus corona tetapi tidak lama berselang kembali pulih.

“Jadi, jika atlet atau mantan pelatih (kini jadi pelatih). saya yakin akan cepat sembuh, yang paling penting segera mendapatkan perawatan,” kata Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI.

Berita Terkait