Belajar dari Kasus Badminton, PSSI Akan Carter Pesawat untuk Timnas di Kualifikasi Piala Dunia

akan bertandang ke () pada Juni 2021 untuk menuntaskan tiga laga tersisa di Kualifikasi Zona Asia. Berkaca dari kasus di All England 2021, PSSI berencana menyewa pesawat khusus bagi dan kawan-kawan.

Kejadian yang menimpa tim bulutangkis Indonesia di All England membuat PSSI mempersiapkan matang-matang rencana keberangkatan Indonesia ke UEA.

Tim bulutangkis Indonesia diminta oleh National Health Service (NHS) atau program layanan kesehatan masyarakat di Inggris untuk menjalani isolasi mandiri selama sepuluh hari. Mereka dianggap melakukan kontak dengan penumpang pesawat yang positif COVID-19 dalam perjalanan ke Inggris.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) merespons instruksi dari NHS itu dengan memaksa tim bulutangkis Indonesia untuk mundur dari All England. Pasca kejadian itu, mereka juga memberikan pelayanan yang buruk.

“Sebenarnya, tidak ada regulasi yang mengharuskan terkait apabila di pesawat ada penumpang yang terpapar, lalu dampaknya kepada misalnya Timnas Indonesia yang kebetulan berada dalam satu pesawat,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, dalam program Metro Sport, Kamis (18/3/2021).

“Akan tetapi, mau tidak mau, suka tidak suka, kami harus mengambil resiko walaupun membutuhkan biaya yang besar, apa boleh buat. Kami harus carter pesawata. Akan kami usahakan,” tutur Yunus Nusi.2 dari 4 halaman


Lawan-lawan Timnas Indonesia

Konfederasi Sepak Bola Asia () telah menetapkan bahwa sisa pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia akan digelar secara terpusat. Timnas Indonesia bakal bermain di UEA untuk tiga laga terakhirnya.

Timnas Indonesia, yang tergabung di Grup G, masih memiliki tiga partai tersisa melawan Thailand, Vietnam, dan UEA.

Seharusnya, Timnas Indonesia akan melakoni dua partai tandang, masing-masing menantang Thailand dan Vietnam serta satu laga kandang menjamu UEA.

Sejak pemberlakuan sentralisasi itu, status kandang dan tandang tidak lagi berlaku. Seluruh pertandingan alias sisa laga Grup G akan dimainkan di UEA.

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada 3 Juni 2021, dilanjutkan dengan bentrok melawan Vietnam pada 7 Juni 2021, dan UEA empat hari berselang.3 dari 4 halaman


3 Juni 2021: Thailand Vs Timnas Indonesia

7 Juni 2021: Vietnam Vs Timnas Indonesia

11 Juni 2021: Timnas Indonesia Vs UEA

Berita Terkait