Komitmen Bobotoh Dukung Persib Dari Rumah di Piala Menpora 2021

Kampanye dukung dari rumah jelang bergulirnya Piala 2021 terus disuarakan.

Seruan tersebut tak hanya digalakkan oleh dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku pemangku kebijakan sepak , namun juga oleh pihak klub.

Persib Bandung menjadi salah satu kesebelasan yang cukup lantang, menyerukan imbauan kepada seluruh di Indonesia, terutama para partisannya, Bobotoh agar mendukung tim kesayangannya dari rumah dalam Piala Menpora 2021.

Pada Selasa (16/3/2021) manajemen Persib bersama perwakilan Bobotoh menandatangani pakta integritas dalam menyukseskan gelaran Piala Menpora 2021.

Kegiatan yang berlangsung di Graha Persib, Kota Bandung itu turut dihadiri oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, yang diwakili Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Ada pula dari pihak kepolisian dihadiri Kabag Ops Polrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiyono, serta perwakilan dari Kodim 0618/BS Bandung.

Adapun dari pihak Bobotoh, diwakili oleh Ketua Viking Persib Club (VPC), Herru Joko, dan Ketua Asep Abdul.

Sebagaimana diketahui, Piala Menpora 2021 merupakan ajang sepak bola kompetitif pertama yang digelar di Indonesia dalam setahun terakhir. Turnamen tersebut juga akan dijadikan acuan penilaian Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam menentukan perizinan bagi kompetisi resmi Liga 1 2021.

Oleh karena itu PSSI dan PT LIB pun merancang gelaran Piala Menpora 2021 dengan regulasi ketat, yang berdasarkan pada protokol kesehatan Covid-19. Seluruh laga dalam Piala Menpora 2021 digelar tanpa penonton.

Seluruh suporter pun diharapkan memberikan dukungan kepada tim kebanggaannya masing-masing di rumah. Sebab, selain tidak diperkenankan datang langsung ke stadion, suporter pun dilarang menggelar kegiatan nonton bareng.

“Semua Bobotoh harus mengikuti aturan ini. Harus bisa menjaga marwah dan nama baik Persib. Begitu juga suporter lainnya, yang timnya nanti main di Bandung, harus bisa mengerti dan jangan melanggar,” kata Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar.

“Nanti Pak Kapolres, kalau misalnya ada yang melanggar, tindak tegas saja langsung halau saja. Tapi tugas pengamanan ini juga tidak hanya dibebankan kepada kepolisian saja, Bobotoh juga harus ikut membantu proses pengamanan ini,” imbuh dia.

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana, turut mengajak para Bobotoh untuk mengikuti regulasi yang diterapkan dalam Piala Menpora 2021. Yana mengimbau kepada para Bobotoh untuk tidak menggelar kegiatan nonton bareng saat Persib berlaga.

“Sebagai pecinta sepak bola kita semua bisa mendukung pelaksanaan sesuai regulasi pemerintah daerah, dalam hal ini tidak boleh ada kerumunan, nobar, kita komitmen untuk mendukung tim dari rumah,” tegas Yana.

Adapun Herru Joko, sebagai salah satu pentolan Bobotoh mengatakan bahwa pihaknya sudah sejak jauh-jauh hari mengampanyekan gerakan dukung dari rumah. Kampanye tersebut tidak hanya dilakukan oleh VPC, melainkan juga oleh seluruh komunitas Bobotoh.

Lebih lanjut, Herru mengatakan, dirinya juga sudah berkoordinasi dengan para petinggi suporter dari klub-klub yang akan bermain di Bandung pada Piala Menpora 2021 agar tidak memaksakan datang. 

Bandung menjadi penyelenggara pertandingan Grup C Piala Menpora 2021. Grup tersebut dihuni oleh , Persela Lamongan, Kediri, Madura , dan PS Sleman. Seluruh laga dalam grup tersebut dimainkan di , Kabupaten Bandung. 

“Kami tidak akan mengadakan nonton bareng atau apapun itu. Tetap mendukung Persib dari rumah masing-masing dan jangan memaksakan diri datang ke Sleman. Begitu pun dengan komunitas suporter dari tim yang berlaga di Stadion Si , kami terus berkoordinasi untuk tidak datang ke Bandung,” ucap Herru.

Berita Terkait