Panitia Pelaksana Piala Menpora Ubah Jadwal & Format Fase ‘Knock-Out’

Panitia penyelanggara (panpel) turnamen pramusim Piala Menpora 2021 mengubah jadwal dan format pertandingan babak gugur terkait ketidakikutsertaan Persipura Jayapura.

Dalam jadwal sebelumnya ketika nama Persipura masih tercantum sebagai peserta turnamen, fase grup dimulai 21 Maret hingga 8 April. Sedangkan perempat-final digelar 15-18 April.

Babak semi-final hanya digelar satu leg yang dijadwalkan berlangsung 20-21 April. Sebelum partai final yang diagendakan digelar 25 April, terlebih dulu digelar laga perebutan tempat ketiga.

Ketua panpel Akhmad Hadian Lukita mengungkapkan, semua jadwal itu mengalami perubahan disesuaikan dengan perkembangan terbaru. Menurut Akhmad, jadwal resmi itu sudah diinformasikan kepada 17 klub peserta hari ini.

Pada perubahan jadwal terbaru, babak perempat-final digelar pada 9-12 April dengan perincian juara grup A bersua runner-up grup B, Jumat (9/4). Pada Sabtu (10/4), juara Grup B akan bertemu runner-up grup A.

Sedangkan keesokan harinya akan digelar pertandingan juara Grup D versus runner-up Grup C. Laga terakhir perempat-final, Senin (12/4), mempertandingkan juara Grup C melawan runner-up Grup D.

Di lain sisi, sisa waktu yang dimiliki dari rencana semula dimanfaatkan PT LIB. Laga semi-final dan final kini digelar dua leg, sedangkan perebutan tempat ketiga tidak mengalami perubahan jadwal maupun format.

Pertandingan leg pertama semi-final akan digelar pada 15 dan 16 April, sementara leg kedua dihelat pada 18 dan 19 April. Babak final akan digelar pada 22 April dan 25 April. Di sela-sela itu, atau tanggal 24 April akan digelar perebutan tempat ketiga.

“Tujuan perubahan dengan dua leg tersebut, agar pertandingan lebih kompetitif dan berkualitas. Kami meyakini, perubahan itu juga didukung oleh pencinta sepakbola nasional. Lebih seru, lebih menarik,” jelas Akhmad yang juga menjabat direktur utama operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Pelaksanaan turnamen pramusim jadi tolok ukur apakah kompetisi sepakbola yang sesungguhnya bisa digelar di Indonesia pada masa pandemi virus corona. Karena itu, Piala Menpora boleh dibilang sangat krusial menentukan izin Liga 1 dan Liga 2. (Goal.com)