Raphael Maitimo Sepakat Perpanjang Kontrak Di Persita Tangerang

Gelandang blasteran Raphael Maitimo dipastikan bakal bertahan di Persita Tangerang selama dua musim ke depan setelah mencapai kesepakatan perpanjangan kontrak dengan manajemen klub penyangga ibukota tersebut.

Maitimo didatangkan dari PSM Makassar ke Tangerang pada awal Maret 2020. Saat itu, Persita berstatuskan tim promosi. Persita sebetulnya bukan tim asing bagi Maitimo, karena sebelumnya pernah dibela di Piala Presiden 2015.

Selama memperkuat Persita tahun lalu, Maitimo baru satu kali dimainkan. Ia bermain sebanyak 33 menit, dan mencetak satu gol. Meski tidak mendapatkan banyak menit bermain, karena Liga 1 dihentikan akibat pandemi virus Corona, manajemen Persita tetap menaruh kepercayaan kepada pemain berdarah Belanda-Indonesia ini.

Persita menjadi salah satu klub di Indonesia yang diperkuat Maitimo selama lebih dari satu musim. Satu klub lainnya adalah Mitra Kukar yang pernah dia bela pada musim 2013 dan 2014.

“Musim baru saya tetap main bersama Persita Tangerang. Sudah sepakat,” ungkap Maitimo kepada Goal Indonesia.

Persita merupakan klub kesebelas Maitimo sepanjang kariernya di Indonesia. Sebelum Persita, beberapa klub besar pernah ia singgahi seperti Persija Jakarta, Arema FC, Persib Bandung, dan Persebaya Surabaya. Maitimo merasakan selama kariernya di Indonesia sangat dinamis.

“Sudah sepuluh musim di Indonesia, dan perasaan saya bercampur. Selama sepuluh musim, ada tiga kali liga yang dibatalkan. Itu sangat berat sebagai pesepakbola. Akan tetapi juga ada momen-momen yang sangat indah,” tutur Maitimo.

“Beberapa kali juara dengan Arema, top scorer tim bersama Persib Bandung, kemudian main untuk timnas. Pertandingan yang paling indah bagi saya adalah Indonesia versus Belanda.”

Karier Maitimo di Indonesia dimulai pada 2012 saat mendapat panggilan dari timnas Indonesia untuk Piala AFF setelah merampungkan proses naturalisasinya. Selepas itu, Maitimo bergabung dengan klub peserta Liga Primer Indonesia (IPL), Bali Devata. Ini menjadi klub pertama Maitimo di Indonesia.

Di tahun yang sama, Maitimo sempat pulang ke Belanda untuk membela Capelle dengan waktu yang singkat. Ia kemudian kembali ke Indonesia untuk bergabung dengan Mitra Kukar untuk musim 2013. Dua musim membela Naga Mekes, pemain berusia 36 tahun ini pindah ke Sriwijaya FC untuk menyambut musim 2015.

Namun karirnya bersama Sriwijaya FC tak berlangsung lama, karena Indonesia dibekukan FIFA, sehingga berpengaruh terhadap kompetisi domestik. Maitimo sempat berseragam Persija di Piala Jenderal Sudirman dan Arema FC di Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Maitimo lantas pindah ke Persib Bandung pada Liga 1 2017, dan menjadi pemain tersubur Pangeran Biru di musim itu. Meski tampil apik bersama Persib, kiprahya bersama Persib tak berlanjut di musim berikutnya. Pada 2018, giliran Madura United yang jadi pelabuhan baru bagi Maitimo.

Bersama Madura United, Maitimo hanya memperkuat tim asal Pulau Garam itu selama setengah musim sampai akhirnya dipinjamkan ke Persebaya Surabaya. Di Surabaya, Maitimo memperkuat Bajul Ijo hingga Liga 1 musim 2018 berakhir.

Memasuki musim 2019, Maitimo sempat mentas di Liga 2 bersama PSIM Yogyakarta. Hanya setengah musim di PSIM, Maitimo kembali ke Liga 1 untuk bergabung dengan PSM Makassar sampai akhirnya berlabuh di Persita.