Robert Alberts Bicara Budaya Positif di Persib

Persib Bandung berencana menurunkan skuad gabungan antara pemain muda dan senior di Piala Menpora 2021. Tim pelatih Persib ingin memberikan kesempatan bermain bagi seluruh personel dalam skuadnya.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tampak percaya diri dengan kualitas yang dimiliki oleh para pemain mudanya.

Apalagi, para pemain muda yang dimiliki Maung Bandung sudah terintegrasi dengan para pemain senior.

“Di tim kami sekarang tidak ada pemain inti atau pelapis. Pemain muda bergabung ke dalam skuad dan sudah siap menjadi bagian dari tim,” kata Alberts kepada wartawan, termasuk KOMPAS.com, pada Sabtu (13/3/2021).

“Itu bagus, harmonisasi tim dan bagian dari budaya di Bandung, budaya di Persib. Baik pemain muda dan senior, tidak peduli siapa, semua sama. Itu yang membuat para pemain muda nyaman,” sambung dia.

Menggabungkan kekuatan pemain muda dan senior merupakan salah satu upaya Persib dalam proses regenerasi skuad di Piala Menpora 2021.

Alberts pun tidak menampik akan melibatkan sejumlah pemain muda dalam skuad Persib untuk Liga 1 2021.

Hanya saja, Alberts belum bisa mengonfirmasi berapa banyak pemain muda yang akan masuk dalam skuad Persib 2021.

Dikatakan pelatih asal Belanda itu, dirinya masih menunggu regulasi terkait pemain muda dalam Liga 1 2021.

Meski tidak ada regulasi soal pemain muda di Liga 1 2021 pun, Alberts akan tetap melibatkan darah segar dalam skuad Maung Bandung di kompetisi resmi.

“Jadi saya ingin tahu mengenai regulasi liga nanti dan melihat pemain muda kami. Ada 2-3 pemain muda yang ketika liga berjalan nanti mereka sudah siap meskipun tidak ada peraturan soal pemain muda,” ungkap pelatih berusia 66 tahun itu.

Mengenai target di Piala Menpora, Alberts menegaskan bahwa turnamen tersebut merupakan salah satu ajang persiapan Persib sebelum tampil dalam kompetisi resmi Liga 1 2021.

Oleh karena itu, Maung Bandung tidak mematok target tinggi dalam keikutsertaannya di Piala Menpora.

Meski begitu, banyak Bobotoh yang memiliki ekspektasi tinggi agar Persib bisa juara dalam ajang tersebut.

Maklum, turnamen Piala Menpora diikuti oleh 17 tim Liga 1. Sehingga, banyak yang menganggap turnamen tersebut memiliki nilai gengsi tinggi.

Alberts mengatakan terlalu muluk bagi Persib untuk mengejar target juara di Piala Menpora 2021.

Sebab, persiapan yang dimiliki Maung Bandung untuk tampil dalam ajang tersebut juga terbilang minim.

“Di turnamen ini kita tidak perlu berharap besar karena tidak ada pengaruhnya. Ini hanya salah satu persiapan kami sebelum liga. Jadi, kami tidak menargetkan kemenangan dalam setiap pertandingan, apalagi gelar juara,” tegas Alberts.

“Selain itu, beberapa tim juga tidak memiliki persiapan ideal,” imbuh dia.